SDM Minim, Pengelolaan Arsip Daerah Tidak Maksimal


Kamis, 30 Januari 2020 - 15:47:44 WIB
SDM Minim, Pengelolaan Arsip Daerah Tidak Maksimal  Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman, Toharuddin, S.Pd,M.Pd meninjau proses pembungkusan arsip di ruang arsip. YUDHI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman, Toharuddin mengakui, bahwa pengelolaan arsip dan berkas penting milik pemerintah daerah saat ini  belum maksimal. Itu karena terkendala sarana prasarana serta minimnya tenaga pengelola (Arsiparis). 

"Tenaga arsipirasis sangat minim sekali. Kita saja di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan cuma memiliki satu arsiparis. Akibatnya pengelolaan arsip jadi belum maksimal," ujar Tohar kepada Haluan, Rabu (29/1). 

Padahal, arsip-arsip yang ada disetiap instansi/SOPD perlu diatur dan dikelola dengan baik agar tidak terjadi  kekeliruan ataupun kehilangan dikemudian hari.

Dikatakan, semua instansi pemerintah daerah sudah dilakukan pembinaan pengelolaan dan penataan arsip dengan baik. Bahkan, kata dia, pihaknya juga sudah memberikan sarana prasarana arsip secara cuma cuma kepada tiap instansi tersebut. 

"Untuk itu kami menghimbau semua instansi pemerintah yang belum tertib arsip, harus disiapkan petugas arsip, SK-kan, siapkan filling kabinet diinstansi masing-masing," ujar Tohar. 

Seharusnya, kata dia, pihaknya dijadikan sebagai tempat penyimpanan seluruh arsip aset OPD di daerah itu. Namun hal itu belum dimanfaatkan dengan baik. Padahal, sarana prasarana ditiap instansi itu terbatas. 

"Dokumen arsip harus disimpan dan dijaga dengan baik. Dibungkus pakai kertas kesing, dan diasap (fumigasi) setiap tahun. Ini kan hanya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang memilikinya," katanya. 

Lanjut Tohar, arsip berisi informasi-informasi yang perlu dijaga dan dilindungi hingga batas yang tidak ditentukan. Jika arsip ini hilang, secara otomatis, aset bisa melayang atau hilang, karena ini juga salah satu aset.

"Diakui belum semua OPD mampu menata kearsipannya dengan baik dan benar," ungkapnya. 

Selain itu, kata Tohar, reformasi birokrasi di pemerintah daerah menjadi tidak maksimal jika pengelolaan kearsipan masih buruk. Saat ini pengelolaan kearsipan Pemkab Pasaman berada pada kategori C.

"Nilai kita saat ini masih C. Ini akan kita upayakan bisa naik ke tipe B. Manfaat naik, berarti pengelolaan kearsipan kita semakin membaik," tukasnya. 

Tohar menambahkan, penyelenggaran kearsipan ini juga sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014. Untuk itu, kata dia, pihaknya akan terus berkomitmen memaksimalkan pengelolaan dan penataan arsip bagi setiap penyelenggara pemerintah daerah. (h/yud)

Reporter : YUDHI /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 17:56:37 WIB

    Fenomena Panas di Rumah Warga, Dinas ESDM: Bisa Jadi Itu Kabel Putus

    Fenomena Panas di Rumah Warga, Dinas ESDM: Bisa Jadi Itu Kabel Putus PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Fenomena panas yang terjadi di lantai rumah warga belum bisa dipastikan jika hal tersebut karena adanya panas bumi atau peristiwa alam. Pihak dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar.
  • Kamis, 04 Juli 2019 - 20:54:03 WIB

    Kasus Tambang, DPRD Sumbar Desak Dinas ESDM Tindaklanjuti Laporan Warga Sikalang

    Kasus Tambang, DPRD Sumbar Desak Dinas ESDM Tindaklanjuti Laporan Warga Sikalang Anggota Komisi IV DPRD Sumbar, Yuliarman mendesak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi menindaklanjuti laporan warga Desa Sikalang, Kacamantan Talawi,  Kota Sawahlunto terkait masalah aktivitas penambangan b.
  • Rabu, 23 Januari 2019 - 12:04:56 WIB
    Fenomena Tanah Bergetar di Pila Tarok

    BPBD Padang Lempar ke ESDM Sumbar

    BPBD Padang Lempar ke ESDM Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemerintah belum kunjung menyikapi laporan warga Pila Tarok, Kelurahan Pasar Ambacang, Kuranji, Kota Padang, terkait fenomena tanah bergetar yang meresahkan warga setempat dalam setahun belakangan.
  • Rabu, 28 November 2018 - 11:47:36 WIB

    Status Tambang Manggani, ESDM Sumbar: Itu Hutan Lindung

    Status Tambang Manggani, ESDM Sumbar: Itu Hutan Lindung LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Tekait keberadaan sejumlah WNA asal Cina yang sempat melakukan kegiatan pertambangan di pedalaman hutan lindung yang merupakan bekas lokasi tambang emas Manggani pada Oktober lalu, Kepala Din.
  • Kamis, 29 Maret 2018 - 14:20:10 WIB

    Diduga Ditampar Atasan, Pegawai BKPSDM Pasbar Lapor ke Polisi

    Diduga Ditampar Atasan, Pegawai BKPSDM Pasbar Lapor ke Polisi PASBAR, HARIANHALUAN.COM-Seorang pegawai di salah satu instansi di Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat melaporkan atasannya ke polisi karena menjadi korban pemukulan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]