Anggota Linmas Saringan Sawahlunto Peroleh Pembinaan 


Kamis, 30 Januari 2020 - 15:54:09 WIB
Anggota Linmas Saringan Sawahlunto Peroleh Pembinaan  Pembinaan anggota Linmas Kelurahan Saringan oleh Kanit Binmas Polsek Barangin Ipda Yudi Effendi didampingi Bhabinkantibmas, Brigadir Valerian dan Lurah Saringan, Mulyadi, Kamis (30/1). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Menjaga mental dan fisik dalam perannya sebagai ujung tombak pengamanannya dilingkungannya, Anggota Perlindungan masyarakat (Linmas) Kelurahan Saringan mendapat pembinaan dari pihak Kecamatan dan Polsek Barangin.

Sebanyak 8 orang angota Linmas diberikan pembinaan mental dan fisik oleh Kanit Binmas Polsek Barangin Ipda Yudi Effendi didampingi Bhabinkantibmas, Brigadir Valerian, Kasi Trantib Kecamatan Barangin, Jasmawarti dan Lurah Saringan, Mulyadi, Kamis 30 Januari 2020.

"Anggota Linmas harus mampu Pro aktif ditengah tengah masyarakat baik terkait, keamanan, ketertiban umum dan juga terlibat dalam kesiapsiagaan bencana," ujar Lurah Saringan Mulyadi kepada harianhaluan.com.

Untuk tingkat kelurahan sebut Mulyadi, ini baru pertamakali dilakukan pembinaan kepada anggota Linmas. Biasanya kata Mulyadi, pembinaan hanya dilakukan ditingkat kota oleh Dinas Satpol PP dan Damkar.

"Harapannya, Linmas ini dapat terjaga mental dan fisiknya, dalam mendukung peran sebagai ujung tombak pengamanan lingkungan serta mampu mendeteksi setiap kejadian yang berkembah disekitar atau masyarakatnya," ujar Mulyadi.

Berbagai pembinaan dan pelatihan lanjutnya, akan terus dilakukan dalam rangka membentuk anggota linmas yang handal dan terlatih serta mampu mengkoordinir setiap potensi dan terjun langsung dalam setiap kegiatan dan kejadian yang terjadi.

Sementara Kanit Binmas Polsek Barangin Ipda Yudi Effendi mengatakan, kesiapan fisik dan mental bagi anggota Linmas merupakan faktor wajib dalam menjalani fungsinya.

"Kami memberikan pelatihan fisik dasar, dan juga dasar baris berbaris dan pengetahuan lainnya yang berhubungan dengan tugas dan fungsi Linmas," ujarnya.

Ipda Yudi menilai, langkah pembinaan yang dilakukan kelurahan Saringan ini sangatlah tepat, sehingga keberadaan Linmas yang kurang terkoordinir selama ini, bisa berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya.(h/rki)

 

Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]