92 Unit Sepeda Motor Diamankan

Sebulan, 51 Tersangka Curanmor Berhasil Diciduk Polresta Padang


Kamis, 30 Januari 2020 - 17:50:06 WIB
Sebulan, 51 Tersangka Curanmor Berhasil Diciduk Polresta Padang Pengungkapan kasus curanmor di Polresta Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Polresta Padang berhasil mengungkap aksi pencurian sepeda motor (curanmor) yang kerap terjadi di Kota Padang sebulan belakangan ini. Mencengangkan, sebanyak 51 orang tersangka berhasil diamankan dengan barang bukti hampir seratus sepeda motor. 

Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Tri Himawan menyebutkan, pengungkapan terhadap 121 kasus curanmor ini dilakukan oleh Satreskrim Polresta Padang dan jajaran Polsek se-Kota Padang. Dari pengungkapan tersebut, 92 kendaraan bermotor berhasil diamankan. 

"Ini adalah hasil tangkapan dan atensi Kapolda Sumbar yang digelar sejak tanggal 1 Januari 2019 hingga 28 Januari 2019 ini. Belum sampai sebulan. Angka ini meningkat dibandingkan tahun lalu di bulan yang sama," jelasnya. 

Selain itu, petugas di lapangan yang melakukan penangkapan pun memang sudah mendapatkan atensi untuk memberikan tindakan keras terukur. Dari 51 tersangka yang diamankan ini, tiga diantaranya dilumpuhkan dengan tembakan di kaki. "Kita tak main-main untuk pengungkapan curanmor ini," paparnya. 

Ditambahkan Kapolres, dari pengungkapan tersebut petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa kendaraan bermotor, BPKB, kunci T dan juga handphone. "Para tersangka ini didominasi oleh residivis kasus yang sama dan banyak mengincar kawasan perumahan," sebut Yulmar. 

Sementara itu, untuk kawasan yang disebut rawan curanmor, Kapolres menyebut kawasan dengan banyak penduduk dan perumahan menjadi sasaran seperti Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Kuranji dan Kecamatan Padang Utara. "Ada juga yang mengincar kampus, sekolah dan toko-toko," jelasnya kemudian. 

Dia berharap, paska pengungkapan kasus ini, jika ada masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan, silakan mendatangi Polresta Padang untuk mengecek kendaraannya dengan membawa surat lengkap. "Silakan datang ke Polres, bawa surat. Dan pastinya, ini tanpa biaya," papar Yulmar.

Pada rilis pengungkapan kasus curanmor ini, Polresta Padang juga menyerahkan kendaraan kepada tiga orang warga yang menjadi korban curanmor. Ada yang sudah hilang setahun lalu, ada juga yang sudah kehilangan motor 6 bulan lalu. "Kebanyakan, para korban juga lalai saat menempatkan sepeda motornya dan meninggalkan kunci terpasang di motor," tutupnya. (*)

 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]