Terkejut Lihat Kemajuan! DPRD Siak Sambangi Bukittinggi Parlemen Jurnalis


Kamis, 30 Januari 2020 - 18:21:06 WIB
Terkejut Lihat Kemajuan!  DPRD Siak Sambangi Bukittinggi Parlemen Jurnalis Unsur Pimpinan DPRD Siak didampingi Kasubag Fasilitasi dan Pengawasan Sekretariat DPRD Bukittinggi, Ramon Arisa Putra, ketika menyambangi BPJ. GATOT

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Unsur Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Siak,  Kepulauan Riau, kembali melakukan kunjungan kerja (kunker)  ke DPRD Bukittinggi, Kamis (30/1). Dalam kunjungan kerja itu, pimpinan DPRD Kabupaten Siak juga menyempatkan diri menyambangi Sekretariat Bukittinggi Parlemen Jurnalis (BPJ),  yang berada satu atap dengan gedung DPRD setempat.

Kehadiran unsur pimpinan DPRD Siak ke  BPJ didampingi oleh Kasubag Fasilitasi dan Pengawasan Sekretariat DPRD Bukittinggi, Ramon Arisa Putra, dan diterima oleh beberapa orang  anggota BPJ.

Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kabupaten  Siak, H. Azmi mengatakan, kunker yang dilaksanakan oleh anggota DPRD Siak  ke DPRD Bukittinggi dalam rangka mempelajari ketentuan dan tata cara perjalanan dinas anggota dewan. Dengan harapan,  agar perjalanan dinas anggota DPRD  Kabupaten Siak dapat berjalan tertib,  dan hasil yang didapat dari setiap perjalanan dinas yang dilaksanakan, dapat meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas dan wewenang DPRD Kabupaten Siak.

Selain itu ujarnya,  pihaknya  juga ingin  berkonsultasi tentang keberadaan Bukittinggi Parlemen Jurnalis (BPJ). DPRD Kabupaten Siak mengapresiasi keberadaan BPJ dan sinergisitas antara rekan media dengan anggota DPRD beserta sekretariat dewan.

“Tahun lalu ketika kami kunker ke  Bukittinggi,  juga sempat menyambangi BPJ  yang sudah ada ini.  Untuk itu kami  terinspirasi untuk melakukan hal yang sama di DPRD Kabupaten Siak. Rencananya, kami akan buat media center DPRD Siak yang akan dilaunching tahun ini. Kami harap BPJ bisa hadir dalam launching nantinya," ucap Azmi.

Sementara itu Kasubag Fasilitasi Pengawasan Sekretariat DPRD  Bukittinggi, Ramon Arisa Putra, menjelaskan tentang ketentuan dan tata cara perjalanaan dinas anggota DPRD Bukittinggi. Menurutnya, perjalanan dinas itu  berpedoman pada tata tertib DPRD Bukittinggi. Perjalanan dinas yang dapat dilakukan anggota dewan diantaranya, kunjungan kerja, konsultasi, bimtek dan adeksi. Perjalanan dinas yang dimaksud tentunya bertujuan untuk menunjang kinerja dalam pelaksanaan tugas dan wewenang anggota DPRD.

“Terkait dengan BPJ, keberadaannya  telah menjadi bagian dari DPRD Bukittinggi. Kehadiran BPJ sangat membantu DPRD dalam mempublikasikan setiap kegiatan anggota dewan termasuk sekretariat dewan," ucap Ramon.

Sementara itu salah seorang penggagas berdirinya BPJ, Edison Sikumbang menyampaikan, hadirnya BPJ memang untuk menjadi mitra DPRD Bukittinggi. Berdirinya BPJ berawal dari sejumlah awak media yang sering mangkal dan mempublikasikan  berita DPRD. Akhirnya, dibuat satu kesepakatan dalam bentuk organisasi BPJ yang didukung oleh pimpinan dan anggota DPRD dan sekretariat dewan.

“Alhamdulillah keberadaan BPJ mulai menjadi perhatian dari daerah lain. Seperti DPRD Banjarmasin, DPRD Simalungun, DPRD Madina, DPRD Kampar dan sejumlah daerah lainnya. Semoga keberadaan kami dapat membantu sosialisasi dan publikasi kegiatan dewan serta menjadi contoh bagi daerah lain," ungkap Edison Sikumbang. (h/tot)

Reporter : RUDI GATOT /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]