Dalam Sehari, 47 Pohon Tumbang di Kota Padang, Ini Rinciannya


Kamis, 30 Januari 2020 - 18:37:56 WIB
Dalam Sehari, 47 Pohon Tumbang di Kota Padang, Ini Rinciannya Foto/ANTARA

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar mencatat jumlah bencana alam yang terjadi di Kota Padang selama Rabu (28/1/2020) sudah mencapai 48 kejadian. Adapun bencana alam yang paling banyak terjadi adalah pohon tumbang hingga menghambat akses jalan sebanyak 27 kejadian.

Disusul pohon tumbang yang menimpa rumah warga ada 10 kejadian, pohon tumbang hingga menghambat drainase dan aliran listrik pekarangan sebanyak 6 kejadian, dan pohon tumbang yang menimpa pagar 4 kejadian. Sedangkan satu diantaranya adalah kejadian genangan air setinggi 30 cm.

Dari data yang diterima HarianHaluan.com, Kamis (30/1/2020), berikut berbagai kejadian bencana alam pada Rabu (28/1/2020) yang tercatat oleh BPBD Sumbar dari sejumlah Kecamatan di Kota Padang.

1. Kecamatan Nanggalo

Curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengakibatkan terjadinya pohon tumbang yang menghambat akses jalan di beberapa titik, yakni di Jalan Jhoni Anwar B1 Lapai, Pangkal Jembatan Baru Siteba Kelurahan Surau Gadang, Komplek Cemara Kelurahan Gurun Lawasn, Villa Bukit Indah Sawah Liek, dan Jalan Tabing Banda Gadang RT/RW 2/2 Kelurahan Tabing Banda Gadang.

Selanjutnya, pohon tumbang hingga menimpa atap rumah warga juga terjadi di Kampung Lereng RT/RW 2/2 Kelurahan Tabing Banda Gadang.

2. Kecamatan Padang Barat

Pohon tumbang hingga menghambat akses jalan di beberapa titik, yakni di Jalan Dobi depan SMA Katolik Xaverus, Jalan Samudera Taplau, Jalan Samudera Taplau, dan Jalan Komplek GOR. H. Agus Salim.

3. Kecamatan Padang Timur

Pohon tumbang yang menghambat akses jalan terjadi di 5 titik lokasi, yakni di Jalan Simpang Haru depan Klinik Medical Padang, Jalan Pulai No, 9A Sawahan Timur, Jati Parak Salai Utama, Jalan Andalas Belakang SMP 30 Simpang Haru, dan Jalan Sutomo RT 003 RW 005.

Kemudian juga terjadi pohon tumbang hingga menimpa rumah di Lapangan Matador Air Camar RT 01 RW 07 Kelurahan Parak Gadang Timur, dan Jalan DR sutomo RT 05 RW05 kelurahan Kubu Marapalam tepatnya di pinggir Banda Bekali.

Sedangkan pohon tumbang yang menghambat aliran sungai terjadi di Jalan Tarandam RT 03 RW 03 kelurahan Sawahan.

4 Kecamatan Padang Utara

Pohon tumbang hingga menghambat akses jalan terjadi di sejumlah titik lokasi. Rinciannya, di Jalan Belanti Raya Barat No 11 Halaman SMA 1, Jalan Parkit IV Rw VIII, Jalan Sri Gunting RT 02 RW 03 Kelurahan Air Tawar Barat, dan Jalan S. Parman II RT. 03/02 Kelurahan UKU.

Pohon tumbang yang menimpa pagar terjadi di TK Alqur'an Amal Saleh jalan Perkutut No. 06b Air Tawar Barat dan Asrama Polisi lolong Tk Bhayangkari. Sementara pohon tumbang yang menimpa atap rumah warga terjadi di Jalan Beringin Lolong Belanti Kelurahan lolong belanti.

Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Paus Kelurahan Ulak Karang, Jalan Bayur RT:04 Rw:03 Kelurahan Lolong belanti, dan Batalyon TNI Infantri 133. Kemudian pohon tumbang hingga menghambay drainase terjadi di Jalan Bakti 4 RT 02 RW 13 Kelurahan Alai Parak Kopi.

5. Kecamatan Koto Tangah

Bencana pohon tumbang yang menghambat akses jalan juga terjadi di sejumlah titik. Rinciannya, di SLB Kayu Kalek Kecamatan Koto Tangah, Jalan Pasia Sabalah Kelurahan Pasia Nan Tigo, Jalan Raya Pasia Jambak RT 01 RW 09 Kelurahan Pasia Nan Tigo.

Selanjutnya, di Jalan Pasia Nan Tigo RT 03 RW 03 Kelurahan Pasia Nan Tigo, Parupuak Tabiang Kelurahan Parupuak Tabiang RT 01 RW 17, Belakang SMK Taruna, Jalan Pasia Sabala Kelurahan Pasia Nan Tigo, dan Jalan Gambolo RT 3 RW 4, Kelurahan Pasia Nan Tigo.

Sedangkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga terjadi di 3 titik lokasi, yakni di Jalan Pasir Sebelah RT 2 RW 14 Kelurahan Pasia Nan Tigo, Jalan Pasia Sabalah RT 2 RW 7 Kelurahan Pasia Nan Tigo, dan Jalan Gambolo RT 3 RW 4 Kelurahan Pasia Nan Tigo. Satu kejadian genangan air setinggi 30 cm di sekitar SMP 27 Air Pacah Genangan.

6. Kecamatan Kuranji

Bencana pohon tumbang hingga menghambat akses jalan juga terjadi di Jalan Bandes Pasar Ambacang RT 03 RW 01 belakang Raziq Mart. Sementara pohon tumbang yang menimpa pagar terjadi di Jalan Balai Baru SMA 5 Padang.

7. Kecamatan Bungus Teluk Kabung

Pohon tumbang yang menimpa rumah warga terjadi di Jalan Sungai Pisang RT 03 RW 03 Teluk Kabung Tengah, dan Nagari Koto RT 03 RW 03 kelurahan Teluk Kabung Tengah.

8. Kecamatan Lubuk Begalung

Pohon tumbang menimpa pagar rumah juga terjadi Jalan Cengkeh RT 002 Kelurahan Cengkeh.

9. Kecamatan Lubuk Kilangan

Pohon tumbang menimpa rumah terjadi di Jalan Pondok Bambu.

10. Kecamatan Padang Selatan

Pohon tumbang juga terjadi di Gerbang Partai Air Manis (Samping Pariwisata).

Sejumlah pohon tumbang dan menghambat akses jalan dyang terjadi di sejumlah titik lokasi di Kota Padang tidak ada korban jiwa. Tim TRC BPBD Kota Padang juga sudah melakukan pembersihan material pohon tumbang. (*)

loading...
Reporter : Milna /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]