Ini Trik agar Anda Tak Tertipu Beli Motor Bodong


Kamis, 30 Januari 2020 - 19:06:23 WIB
Ini Trik agar Anda Tak Tertipu Beli Motor Bodong Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Tri Himawan dan Kasat Lantas, Kompol Asril Prasetya saat mengecekan barang bukti curanmor.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Polresta Padang berhasil mengungkap 92 kasus curanmor dengan mengamankan 51 orang tersangka. Dalam rilis yang digelar pada Kamis (30/1), terungkap, rata-rata hasil pencurian tersebut dilempar ke luar daerah untuk dijual dengan harga yang sangat murah. 

"Para tersangka yang kita amankan ini adalah residivis kasus curanmor, jadi sudah punya jaringan kuat jika mendapatkan motor curian. Mereka kerap menjual motor-motor tersebut ke luar daerah dan diberi harga yang murah. Makanya, masyarakat harus berhati-hati jika ingin beli kendaraan bermotor," kata Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Tri Himawan.

Dia menyebut, bagi masyarakat yang ingin membeli kendaraan bermotor, terutama yang second hand, harus bisa membedakan tandanya. "Kita dari Polresta Padang hanya memberi imbauan kepada masyarakat untuk lebih teliti dalam membeli sepeda motor," jelasnya. 

Ditambahkan Kombes Yulmar, ada beberapa trik yang harus diketahui oleh masyarakat saat membeli kendaraan, terutama motor agar tak terbeli barang hasil curian. "Yang jelas itu, saat membeli motor, harus lengkap surat-suratnya. Jika tak ada, berarti itu adalah motor bodong atau curian," paparnya. 

"Tidak itu saja, biasanya saat menjual, para penadah motor ini punya alasan-alasan klise jika ditanyai surat-surat. Ada yang bilang STNK hilang atau sedang dalam pengurusan dan sebagainya. Yang paling penting, sepeda motor bodong ini biasanya dijual dengan harga super murah," sebut Yulmar. 

Kapolres pun mengingatkan kepada masyarakat apabila mendatangi tanda-tanda seperti itu saat membeli sepeda motor, jangan sungkan untuk melaporkannya ke polisi. "Kita tunggu masyarakat melapor jika tanda-tanda tersebut ditemui masyarakat saat membeli sepeda motor," tutupnya. (*)

 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]