557 Calon PPK untuk Pilkada 2020 di Padang Pariaman Ikuti Ujian Tulis


Kamis, 30 Januari 2020 - 19:54:19 WIB
557 Calon PPK untuk Pilkada 2020 di Padang Pariaman Ikuti Ujian Tulis Ilustrasi

PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 557 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) 2020 di Padang Pariaman mengikuti ujian tulis di SMPN 1 Enam Lingkung, Padang Pariaman, Kamis (30/1).

"Saat ini kita melakukan tes tertulis untuk calon PPK yang akan ditempatkan di 17 Kecamatan di Padang Pariaman, yang diikuti oleh 577 orang peserta," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)Padang Pariaman, Zulnaidi saat ditemui di lokasi ujian tersebut.

Ia menyampaikan, 557 itu adalah calon PPK yang sebelumnya dinyatakan lulus seleksi administrasi. Di mana saat KPU Padang Pariaman melakukan rekrutmen calon PPK ini peserta yang mendaftar sebanyak 677 orang.

"Namun, 120 dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi sehingga menyisakan 557 orang untuk ujian tulis hari ini," ujarnya.

Ia menyampaikan, 120 orang yang dinyatakan tidak lulus administrasi itu disebabkan beberapa faktor, atau tidak sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, baik itu karena kurangnya persyarakat seperti ditemukanya kekurangan foto, ijazah tidak dilegalisir, serta surat keterangan sehat tidak asli.

"Kemarin kami juga menemukan adanya calon PPK ini yang terlibat partai politik, setelah dilakukan konfirmasi kepada parpol tersebut, mereka membenarkan, maka kami langsung menyatakan yang bersangkutan tidak lulus adminstrasi. Juga ada temuan kami satu orang yang telah dua periode, sehingga kami membatalkan juga," kata Zulnaidi.

Selanjutnya, kata Zulnaidi, peserta yang mengikuti ujian tertulis ini akan diambil sebanyak dua kali lipat dari jumlah kebutuhan, artinya setiap kecamatan nanti akan diambil 10 orang yang dinyatakan lulus ujian tulis dan melanjutkan seleksi wawancara.

"Nanti akan diumumkan sebanyak 170 orang yang dinyatakan lulus unian tulis, prosesnya dengan cara perengkingan dari satu sampai 10 pada masing-masing kecamatan," katanya.

Ia mengatakan, untuk pengumuman ini akan dilakukan pada tanggal 3 Februari mendatang, setelah itu calon PPK yang dinyatakan lulus ujian tulis akan mengikuti tes wawancara tiga hari setelah diumumkanya hasil ujian tersebut.

"Lima orang PPK yang terpilih nantinya akan mulai aktif terhitung 1 Maret 2020 hingga selesainya proses tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Padang Pariaman," katanya.

Ujian tertlis yang dilaksanakan sebanyak 20 lokal ini juga diawasi langsung oleh Bawaslu Padang Pariaman, guna memastikan apakah proses ujian itu sudah berlangsung sebagaimana mestinya, sesuai dengan aturan yang ada.

"Di sini kami juga melakukan pengawasan langsung untuk memastikan beberapa hal, pertama memastikan tidak adanya sistem 'perjokian' atau yang bersangkutan diwakili ujian dan sebagainya," kata Koordinator Devisi PHL Bawaslu Padang Pariaman, Rudi Herman.

Selama ujian berlangsung, lanjut Rudi, memang tidak ada ditemukan kejanggalan dan sebagainya. Namun pihaknya juga tetap melakukan pengawasan sehingga apa yang tidak dibenarkan tidak terjadi saat pelaksanaan ujian.
"Pada pengawasan ini kami turun dengan tim dan mengawasi langsung prosesnya dari awal hingga akhir," katanya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan pengawasan perekrutan PPK ini semenjak dari awal. Bahkan, pihaknya menemukan berbagai persoalan di lapangan, termasuk adanya Calon PPK ini yang terlibat parpol.
"Untuk sementara ada temuan calon PPK ini terlibat parpol, nanti akan kami telusuri lagi terkait kebenarannya dan akan melakukan pleno tingkat pimpinan," katanya.

Di mana informasi tersebut diperoleh melalui Panwascam di masing-masing kecamatan yang ditugaskan langsung melacak keberadaan calon PPK tersebut termasuk latar belakang, serta apakah terlibat partai politik atau tim pasangan calon.
"Nantinya, temuan ini akan menjadi rekomendasi dari kami Bawaslu kepada KPU agar tidak kecolongan dalam proses rekrutmen PPK ini," katanya.(h/hen)

Reporter : Yuhendra /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]