KPK Tahan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria Tersangka Suap Pembangunan Masjid Agung


Kamis, 30 Januari 2020 - 21:01:34 WIB
KPK Tahan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria Tersangka Suap Pembangunan Masjid Agung Muzni Zakaria ditangkap KPK

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - KPK menahan tersangka kasus dugaan suap pembangunan Masjid Agung Solok Selatan dan jembatan Ambayan, Muzni Zakaria. Bupati Solok Selatan ini ditahan untuk 20 hari pertama.

"Hari ini penyidik KPK melakukan penahan terhadap tersangka MZ, Bupati Solok Selatan," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

"Ditahan di Rutan KPK Kavling C1 (di Gedung C1 Jl HR Rasuna Said)," imbuhnya.

Muzni keluar gedung KPK sekitar pukul 20.15 WIB. Muzni sudah memakai rompi tahanan dengan tangan diborgol.

Muzni tak banyak bicara mengenai penahanannya itu. Ia selalu mengucapkan terima kasih ketika dicecar pertanyaan.

"Terima kasih ya, ini baru pertama, terima kasih, terima kasih ya, saya terima kasih," kata Muzni.

Muzni Zakaria ditetapkan sebagai tersangka bersama Muhammad Yamin Kahar. Muzni diduga menerima suap Rp 460 juta untuk proyek pembangunan jembatan Ambayan. KPK juga mengatakan ada dugaan aliran suap Rp 315 juta terkait proyek Masjid Agung Solok Selatan yang diberikan Yamin kepada bawahan Muzni.

Suap itu diduga diberikan atas permintaan Muzni kepada Yamin. Muzni diduga memerintahkan bawahannya agar memenangkan perusahaan yang digunakan Yamin selaku kontraktor.

"Dalam proses penyelidikan di KPK, MZ (Muzni Zakaria) telah menitipkan atau menyerahkan Rp 440 juta pada KPK," ucap Wakil Ketua KPK saat itu, Basaria Pandjaitan dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (7/5/2019).(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 15:47:40 WIB

    Waduh! Mantan Pimpinan KPK Nilai Pilkada saat Pandemi Rawan

    Waduh! Mantan Pimpinan KPK Nilai Pilkada saat Pandemi Rawan HARIANHALUAN.COM - Mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengkritisi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar 9 Desember mendatang. Menurutnya, penyelenggaraannya di tengah pan.
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 15:05:31 WIB

    Waduh! Penanganan Covid-19 Juga Rawan Korupsi, KPK: Setidaknya Ada Empat Titik

    Waduh! Penanganan Covid-19 Juga Rawan Korupsi, KPK: Setidaknya Ada Empat Titik HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut setidaknya terdapat empat titik yang rawan kasus korupsi dalam penanganan virus corona (Covid-19) oleh pemerintah..
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 06:41:12 WIB

    Mahasiswa Ingin KPK Periksa Airlangga dan Sri Mulyani, Ada Apa Ya?

    Mahasiswa Ingin KPK Periksa Airlangga dan Sri Mulyani, Ada Apa Ya? HARIANHALUAN.COM -- Komando Aksi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (Kompak) menggelar aksi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengusut dugaan korupsi dan mengawal proyek Kartu Prakerja. Proyek Kartu Prakerja y.
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 22:55:48 WIB

    KPK Masukkan Taipan Samin Tan ke Dalam DPO

    KPK Masukkan Taipan Samin Tan ke Dalam DPO JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasukkan nama tersangka pengusaha Samin Tan ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Langkah ini ditempuh usai bos PT Borneo Lumbung Energy & Metal itu tidak meme.
  • Senin, 04 Mei 2020 - 10:38:01 WIB

    Kasus Romahurmuziy, Eks Pimpinan Dukung Langkah KPK Ajukan Kasasi

    Kasus Romahurmuziy, Eks Pimpinan Dukung Langkah KPK Ajukan Kasasi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Eks Pimpinan KPK Buysro Muqoddas menyebut KPK telah tepat mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas putusan Pengadilan Tinggi DKI terhadap banding eks Ketua Umum PPP Romahurmuzii atau Rommy..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]