Wah..! Yasonna Laoly Siap Mundur, Tapi ada Syarat


Kamis, 30 Januari 2020 - 22:02:35 WIB
Wah..! Yasonna Laoly Siap Mundur, Tapi ada Syarat Yasonna Laoly

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengaku yakin bahwa Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi salah dalam kesimpangsiuran informasi soal keberadaan tersangka KPK, Harun Masiku.

Ia menyatakan siap mengundurkan diri dari jabatan Menkumham bila tim gabungan bentukannya tidak menemukan kesalahan di Ditjen Imigrasi.

Yasonna diketahui telah membentuk tim gabungan untuk menelusuri kesimpangsiuran informasi ihwal keberadaan Harun yang disampaikan Ditjen Imigrasi. Tim gabungan itu beranggotakan perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN), Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, dan Ombudsman RI.

"Kalau (Imigrasi) enggak salah, saya yang mundur dari menteri, karena saya yakin salah," kata Yasonna kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (30/1).

Tak hanya itu, Yasonna juga menyatakan akan mengembalikan dua pejabat Kemenkumham yang sebelumnya telah ia copot yakni Ronny Sompie dari jabatan Dirjen Imigrasi dan Alif Suadi dari jabatan Direktur Sistem dan Teknologi Informasi (Dirsistik) Keimigrasian.

Lebih jauh, Yasonna mengaku tidak bermaksud menyampaikan informasi bohong denga mengatakan bahwa Harun belum pulang ke Indonesia pada 16 Januari 2020.

Dia menyatakan bahwa pernyataannya tersebut disampaikan berdasarkan data yang diperoleh dari Ronny dan Alif.

"Kalau saya enggak percaya Dirjen (Imigrasi) menyampaikan dan Dirsistik, siapa lagi yang saya percaya? Masa saya pergi ke Soetta (Bandara Soekarno-Hatta) sana untuk cek? Kenapa bisa begitu, saya kan percaya kepada data," ucap Yasonna.

Yasonna sebelumya mencopot Ronny dan Alif pada Rabu (29/1). Ia mengatakan alasan pencopotan itu adalah khawati terjadinya konflik kepentingan karena dirinya tengah membentuk tim untuk menelusuri kesimpangsiuran informasi soal keberadaan Harun.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 05:07:37 WIB

    Wah..! Visa Jemaah yang Batal Umrah Bakal Digratiskan

    Wah..! Visa Jemaah yang Batal Umrah Bakal Digratiskan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis mengatakan pihaknya akan meminta pemerintah melobi Kedutaan Besar Arab Saudi agar menggratiskan perpanjangan visa umrah jemaah Indo.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 18:20:04 WIB

    Wah..! Gara-gara Corona, Influencer 'Untung' Rp72 Miliar

    Wah..! Gara-gara Corona, Influencer 'Untung' Rp72 Miliar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - WHO telah memperingatkan agar jangan sampai ada negara yang membuat "kesalahan fatal" dengan menganggap negaranya akan terhindar dari penyebaran virus corona. Lantas apa persiapan Indonesia?.
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 13:55:44 WIB

    Wah..! Soeharto Jadi Presiden Paling Disukai Rakyat

    Wah..! Soeharto Jadi Presiden Paling Disukai Rakyat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lembaga survei Indo Barometer menggelar diskusi 'Mencari Pemimpin Road to Capres dan Parpol 2024'. Sebelum menjelaskan mengenai Capres 2024, Indo Barometer terlebih dahulu menyampaikan kepuasan mas.
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 13:58:26 WIB

    Wah..! PNS Dapat Rp1 Miliar Saat Pensiun?

    Wah..! PNS Dapat Rp1 Miliar Saat Pensiun? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengklarifikasi pernyataannya soal usulan dana pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur si.
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 03:02:39 WIB

    Wah..! WHO Bela China dari Kritik AS soal Corona

    Wah..! WHO Bela China dari Kritik AS soal Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membela China yang mendapat respons kekecewaan Amerika Serikat dalam menangani wabah virus corona..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]