Pemko Padang Fokus Benahi Fasilitas Objek Wisata


Kamis, 30 Januari 2020 - 22:48:54 WIB
Pemko Padang Fokus Benahi Fasilitas Objek Wisata Foto/doc.Dinas Pariwisata Kota Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Padang terus berupaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pariwisata. Salah satu caranya adalah dengan memberi kenyamanan kepada masyarakat di kawasan objek wisata, agar kunjungan wisatawan terus tumbuh.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, saat ini yang menjadi perhatian Pemko Padang untuk memperbaiki pariwisata ialah memberikan tempat yang indah dan nyaman. Seperti WC, pihaknya berkomitmen untuk memberikan tempat WC, karena salah satu kenyamanan itu ialah memiliki tempat WC yang bersih.

"Seperti di Pantai Padang, kini lihatlah sudah terlihat nyaman dan tertata, sudah ada tempat ibadah dan WC yang memadai. Jadi di berbagai lokasi wisata, hal yang demikian perlu diciptakan," ujar Mahyeldi, baru-baru ini.

Bagu Mahyeldi, hal terpenting menjadikan daerah sebagai tujuan pariwisata adalah dengan berkomitmen untuk menciptakan pariwisata yang aman dan nyaman. Membuat wisatawan betah tidak cukup dengan keindahan saja, namun perlu dihadirkan fasilitas lainnya yang menarik, maka meninggalkan kesan yang baik untuk wisatawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian mengatakan, tahun 2019 lalu jumlah wisatawan yang datang ke Kota Padang mencapai angka 5 juta jiwa. Hal itu juga didasari dari sejumlah event pariwisata yang ada di Kota Padang pada tahun kemarin.

"Kini kalender pariwsata, ada 31 acara yang akan kita selenggarakan. Belum lama ini Festival Serak Gulo telah kita selenggarakan. Dalam waktu dekat Kio-kio dalam rangka Imlek juga akan diselenggarakan pada 4 Februari mendatang, dan banyak lainnya," kata Arfian.

Di Kota Padang acara yang paling ramai didatangi wisatawan itu yakni Kio-kio momen Imlek, Festival Siti Nurbaya, dan acara pementasan musik. Istimewanya tahun ini, ada tiga acara nasional yang diselenggarakan di Kota Padang, yaitu Penas Tani, MTQ Nasional, dan Harganas 2020.

Menurut Arfian, dengan adanya sejumlah kegiatan kepariwisataan itu, akan membuat banyak wisatawan bakal datang ke Kota Padang.

Bisa saja ada di luar agenda itu wisatawan datang ke Kota Padang, karena kini pariwisata di Padang terus berbenah. Hal ini dilakukan Pemko Padang, untuk terus menarik wisatawan sebanyak-banyaknya datang ke Padang.

"Untuk hotel, di Padang ini sangat memadai, banyak hotel untuk menampung wisatawan menginap. Jadi saat ini yang perlu kita lakukan bagaimana pariwisata kita terus berbenah dan menghadirkan hal-hal baru," ujar Arfian.

Seperti halnya Pantai Air Manis Padang, yang sudah melegenda dengan Batu Malin Kundang, saat ini tengah dibangun kawasan yang nyaman dan indah untuk menikmait pantai yang landai di Pantai Air Manis Padang. Diperkirakan khusus untuk perbaikan infrastruktur di Pantai Air Manis Padang tahun ini selesai.

"Soal jalan sudah lama selesai untuk menuju Pantai Air Manis Padang, yang bisa masuk dari kawasan Wisata Gunung Padang. Jalannya memiliki pemandangan laut yang begitu indah," sebutnya. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 September 2017 - 02:01:20 WIB

    Pemko Pekanbaru Sudah Raih Investasi Rp4,2 Triliun…

    Pemko Pekanbaru Sudah Raih Investasi Rp4,2 Triliun… PEKANBARU, HALUAN - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menargetkan investasi sebesar Rp4,7 triliun sepanjang 2017. Hingga pada triwulan ketiga 2017 ini, investasi s.
  • Jumat, 30 Desember 2016 - 01:10:36 WIB

    Pemko Pekanbaru Belum Lunasi Tunggakan PJU

    Pekanbaru, Haluan — PT PLN (Persero) memutuskan jaringan listrik lampu jalan di Kota Pekanbaru akibat peme­rin­tah daerah setempat belum me­lu­nasi tunggakan penerangan jalan umum atau PJU, yang sudah jatuh tempo sesuai.
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:11:22 WIB

    Pemko Batam Pastikan Proyek Jalan 2016 Selesai

    Batam, Haluan — Peme­rintah Kota (Pemko) Batam Kepulauan Riau memastikan seluruh proyek jalan dengan sum­ber pembiayaan dari APBD 2016 telah selesai sesuai dengan target. Selanjutnya, pemerintah tinggal menyelesaikan pem.
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:38:45 WIB

    Pemko Batam Akan Lantik 400 Pejabat

    Batam, Haluan—Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau akan melantik lebih dari 400 pejabat berbagai eselon di akhir tahun, demi memastikan semua bekerja sesuai Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru..
  • Senin, 19 Desember 2016 - 01:16:59 WIB

    Akhir Desember Pemko Pekanbaru Lakukan Mutasi

    Pekanbaru, Haluan — Ba­dan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru akan meminta restu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan mutasi akhir Desember ini. Pihak BKD menjadwalkan, dalam waktu dekat ini akan m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]