Keren..! Rendang Diusulkan Sebagai Cadangan Makanan Saat Bencana


Jumat, 31 Januari 2020 - 01:12:47 WIB
Keren..! Rendang Diusulkan Sebagai Cadangan Makanan Saat Bencana Rendang

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunas mengusulkan rendang sebagai cadangan makanan saat bencana. Rendang jauh lebih bergizi dan tahan lama.

"Selama ini kalau ada bencana alam masyarakat diberi bantuan makanan dalam bentuk rendang juga tapi dalam bentuk mi instan. Kalau rendang asli akan lebih baik," kata dia, seperti dilansir dari Republika, Kamis (30/1).

Ia menyampaikan dengan pengemasan yang baik rendang bisa tahan hingga satu tahun. Tidak perlu khawatir rendang akan kedaluwarsa.

"Selain itu gizinya lebih baik dan rasanya juga enak. Apalagi sudah diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia oleh CNN," ujarnya.

Rendang juga sudah mendapatkan tempat di lidah masyarakat Indonesia. Menurutnya dengan proses memasak yang tepat dan pengemasan yang baik rendang akan bisa tahan hingga dua tahun baik dikemas dalam kaleng maupun kemasan khusus makanan.

Jika rendang menjadi cadangan makanan juga akan menghidupkan usaha kecil menengah yang bergerak di bidang kuliner. Salah satu upaya untuk menumbuhkan UKM bukan dengan menyediakan peralatan tapi menciptakan pasar dan permintaan, ujarnya.

Ia menilai jika ide ini diakomodasi oleh BNPB maka ekonomi masyarakat akan lebih berkembang dan makanan yang tersedia untuk cadangan bencana jauh lebih baik. Ia menyampaikan saat ini Payakumbuh melalui kampung rendang yang merupakan sentra industri rendang telah mampu menghasilkan dua ton rendang per hari.

Sentra rendang yang ada di Payakumbuh juga menjadi proyek percontohan nasional untuk pengembangan UKM di Tanah Air, kata dia. (h/rep)

 Sumber : republka /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 06:21:02 WIB

    Keren..! Jemaah Haji Indoneia Bisa Tarik Tunai di Arab Saudi

    Keren..! Jemaah Haji Indoneia Bisa Tarik Tunai di Arab Saudi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- PT Artajasa Pembayaran Elektronis bekerja sama dengan Al-Rajhi Bank asal Malaysia memperluas jaringan ATM Lintas Batas (crossborder) di Wilayah Arab Saudi. Dengan kerja sama tersebut, jemaah h.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 10:47:44 WIB

    Keren..! Ini Dia TNBK Khusus Kendaraan Listrik

    Keren..! Ini Dia TNBK Khusus  Kendaraan  Listrik OTOMOTIF,HARIANHALUAN.COM-Plat Nomor atau Tanda  Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus untuk kendaraan listrik, segera diterbitkan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri)..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 14:24:29 WIB

    Wah Keren..! Jokowi Datang, Kapal China Kabur dari Laut Natuna

    Wah Keren..! Jokowi Datang,  Kapal China Kabur dari Laut Natuna JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-TNI memastikan tak ada lagi nelayan China yang melakukan illegal fishing di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia pascakunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Natuna. TNI mengatakan kunj.
  • Ahad, 10 November 2019 - 06:34:06 WIB

    Keren..! Iriana, Burung Pengisap Madu Jadi Ikon Satwa Nasional 2019

    Keren..!  Iriana, Burung Pengisap Madu Jadi Ikon Satwa Nasional 2019 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Burung pengisap madu asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang nama ilmiahnya memakai nama Ibu Negara, Iriana, diumumkan sebagai Ikon Satwa Nasional 2019.
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 22:23:45 WIB

    Keren..! Ada ATM Beras untuk Kaum Duafa di Kabupaten Ini

    Keren..! Ada ATM  Beras untuk Kaum Duafa di Kabupaten Ini SIAK, HARIANHALUAN.COM - Bupati Siak Alfedri mengatakan keberadaan ATM beras di Siak guna mempermudah kaum duafa mendapatkan haknya. Khususnya yang terdata oleh masing-masing UPZ pada masing-masing kampung..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]