Pemerintah Akan Evakuasi 234 WNI di Wuhan Dalam Waktu 1x24 Jam


Jumat, 31 Januari 2020 - 16:10:26 WIB
Pemerintah Akan Evakuasi 234 WNI di Wuhan Dalam Waktu 1x24 Jam Kondisi terkini di Wuhan, China.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Indonesia secara resmi mengumumkan akan melakukan evakuasi terhadap 243 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kota Wuhan, Provinsi Jubei, China, pusat virus corona. Mereka akan dipulangkan hari ini juga dalam waktu kurang dari 1 X 24 jam.

Hal itu dipastikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (31/1) pukul 15.30 WIB. Retno mengatakan tim evakuasi sudah mendapatkan izin dari otoritas China setelah dirinya bertemu dengan Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian di Kemenlu pagi ini.

"Keberangakatan pesawat penjemput bersama dengan tim akan dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam," kata Retno di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (31/1).

Retno menyebut 234 WNI tersebut akan dievakuasi dengan menggunakan pesawat berbadan lebar agar bisa mengangkut seluruh WNI dan awak pesawatnya. Meski demikian Retno tidak menjelaskan lebih lanjut pesawat dari maskapai atau instansi mana yang akan berangkat melakukan misi evakuasi.

"Pesawat yang digunakan adalah pesawat berbadan lebar agar semua WNI yang bersedia dievakuasi dapat diterbangkan secara langsung tanpa melalui transit," tegasnya.

Kementerian Kesehatan kata Retno, juga telah mempersiapkan diri menyambut kedatangan 234 WNI tersebut dari Wuhan. "Persiapan penerimaan di Indonesia juga terus dilakukan sesuai dengan prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku," katanya.

Belum ada informasi lebih lanjut pesawat evakuasi akan diterbangkan dan mendarat di bandara mana. Retno mengungkapkan misi evakuasi ini akan dilakukan oleh Kemenkes, Kemenhub, Mabes TNI, Kemenkumham, BNPB dan Polri. (*)

 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 15:37:54 WIB

    Warning untuk Pemerintah: Jangan Sampai Ebola Masuk Indonesia

    Warning untuk Pemerintah: Jangan Sampai Ebola Masuk Indonesia HARIANHALUAN.COM -- Virus ebola kembali mewabah di Republik Kongo. Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah untuk waspada jangan sampai virus yang berasal dari hewan liar itu masuk ke Indonesia..
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 10:53:53 WIB

    Tok! Pemerintah Putuskan Tidak Berangkatkan Jamaah Haji Tahun Ini

    Tok! Pemerintah Putuskan Tidak Berangkatkan Jamaah Haji Tahun Ini HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah melalui Kementerian Agama menyampaikan keputusan bahwa pelaksanaan haji 2020 untuk jemaah Indonesia tidak ada. Hal ini disampaikan langsung Menteri Agama, Fachrul Razi..
  • Senin, 01 Juni 2020 - 13:16:53 WIB

    Kepastian Jemaah Haji Diputuskan Pemerintah Hari Ini

    Kepastian Jemaah Haji Diputuskan Pemerintah Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Pemerintah dijadwalkan memutuskan jadi atau tidaknya keberangkatan jemaah haji 2020 pada Senin (1/6/2020) hari ini. Diperkirakan, puncak pelaksanaan ibadah haji tahun ini pada tanggal 30 Juli. Jika pelaksan.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 08:07:52 WIB

    Zona Hijau, Pemerintah Izinkan 102 Wilayah Laksanakan Kegiatan Produktif

    Zona Hijau, Pemerintah Izinkan 102 Wilayah Laksanakan Kegiatan Produktif HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan kewenangan kepada 102 Pemerintah Kabupaten/Kota yang pada saat ini berada atau dinyatakan dalam zona hijau untuk melaksanak.
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 18:42:53 WIB

    Kabar Gembira! Bansos dan Subsidi dari Pemerintah Diperpanjang

    Kabar Gembira! Bansos dan Subsidi dari Pemerintah Diperpanjang HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memperpanjang masa pemberian bantuan sosial (bansos) hingga Desember 2020 untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Namun, jumlah nominal bansos yang diberikan pem.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]