Muzni Zakaria Ditahan KPK, Gubernur Sumbar Ucapkan Ini


Jumat, 31 Januari 2020 - 16:33:32 WIB
Muzni Zakaria Ditahan KPK, Gubernur Sumbar Ucapkan Ini Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan turut prihatin dan meminta untuk sama-sama mendoakan terhadap penahan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria terkait dugaan kasus suap proyek pembangunan masjid dan jembatan di Kabupaten Solok tahun 2018. Dia ditahan setelah menjalani pemeriksaan di KPK pada Kamis (30/1/2020).

"Tentu prihatin. Kita semuanya menyangkut hal-hal demikian harus prihatin," kata Irwan kepada awak media, Jumat (31/1/2020).

Irwan mengharapkan agar kondisi di Solok Selatan tetap terjaga dan pelayanan publik tidak boleh terganggu. Menurut dia, seorang penyelenggara pemerintahan dalam menjalankan amanah harus semaksimal mungkin.

"Kita harus hati-hati dan mengikuti aturan yang ada. Mudah-mudahan kalau begitu kita berlindung kepada Allah dan Allah juga melindungi kita," sebut Irwan.

Untuk mengisi keksongan pimpinan di Solok Selatan tersebut, Irwan menyebutkan secara otomatis tugas bupati dalam memimpin pemerintahan sudah digantikan wakilnya. Langkah tersebut sudah tertuang dalam Permendagri supaya roda pemerintahan tidak terkendala hanya dengan kasus tersebut.

"Nanti Wakil Bupati secara otomatis menjadi Penjabat Bupati (Pj), berdasarkan undang-undangnya memang seperti itu," kata Irwan.

Irwan menjelaskan, hal tersebut telah diatur oleh peraturan yang ada. Begitu juga aturan dari Kemendagri, sudah dijelaskan siapa saja yang tidak berhak menjabat karena suatu hal yang terjadi. Seperti, sakit, meninggal, ataupun tersangkut masalah hukum. Secara otomatis digantikan oleh wakilnya.

"Kalau lebuh dari 18 bulan, wakilnya bisa jadi definitif. Tapi kurang dari waktu yang ditentukan, mungkin hanya Pj. Ini otomatis digantikan wakil. Kita tinggal menunggu Kemendagri. Nunggu suratnya, sekarang sudah bisa langsung bekerja," tukasnya.

Seperti diketahui, Muzni Zakaria ditetapkan sebagai tersangka bersama Muhammad Yamin Kahar. Muzni diduga menerima suap Rp 460 juta untuk proyek pembangunan jembatan Ambayan. KPK juga mengatakan ada dugaan aliran suap Rp 315 juta terkait proyek Masjid Agung Solok Selatan yang diberikan Yamin kepada bawahan Muzni.

Suap itu diduga diberikan atas permintaan Muzni kepada Yamin. Muzni diduga memerintahkan bawahannya agar memenangkan perusahaan yang digunakan Yamin selaku kontraktor. (*)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Juli 2019 - 21:38:20 WIB
    TOKOH MUDA SOLSEL ZIGO ROLANDA

    Kasus Bupati Muzni Zakaria Jadikan Pembelajaran dan Evaluasi Pengawasan

    Kasus Bupati Muzni Zakaria Jadikan Pembelajaran dan Evaluasi Pengawasan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Politisi Partai Golkar sekaligus calon Ketua DPRD terpilih Solok Selatan periode 2019-2024, Zigo Rolanda prihatin atas dugaan kasus korupsi yang menimpa Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria. .
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:51:47 WIB

    Muzni Meradang Terhadap Pernyataan Oknum Dosen

    Muzni Meradang Terhadap  Pernyataan Oknum Dosen SOLSEL, HALUAN — Bu­pati Solok Selatan (Solsel) Muzni Zakaria meradang atas pernyataan oknum dosen yang menilai Solsel Kabu­paten Tak Berjudul. Oknum dosen yang konon mengajar di kampus IAIN Imam Bon­jol Padang menyampai.
  • Selasa, 12 April 2016 - 03:23:00 WIB

    Muzni Zakaria: Solsel Nyaman Bagi Wisatawan

    SOLSEL,HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) segera tin­dak­lanjuti perintah Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit untuk menertibkan obyek wisata dari pungutan liar (Pungli). Hal itu dikatak.
  • Selasa, 23 Februari 2016 - 03:03:05 WIB
    Ditetapkan DPRD Solsel

    Muzni-Rahman Resmi Bupati-Wabup

    SOLSEL,HALUAN — Jelang pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) terpilih, yang menurut rencana akan digelar pada bulan Maret 2016 , DPRD Kabupaten Sol­sel menggelar rapat paripurna istimewa, dalam rangka p.
  • Kamis, 12 November 2015 - 19:22:50 WIB

    Muzni-Abdul Urungkan Niat Ikuti Debat Paslon

    SOLSEL,HALUAN — Pasangan calon (Pas­lon) bupati Muzni Zakaria-Abdul Rahman mem­batalkan untuk mengikuti debat kan­didat terakhir pada Sabtu (14/11) mendatang. Dikarenakan, surat gugatan mereka terhadap KPU Solsel tida.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]