Musim Hujan Masih Panjang, Pemprov Siaga Hadapi Bencana


Jumat, 31 Januari 2020 - 19:18:31 WIB
Musim Hujan Masih Panjang, Pemprov Siaga Hadapi Bencana Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar menggelar apel siaga bencana banjir, banjir bandang dan tanah longsor tingkat Provinsi Sumbar di Ruang Taman Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang, Jumat (31/1/2020).

Apel diikuti oleh berbagai unsur yang terlibat dalam penanggulangan bencana seperti ratusan TIN-Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga swasta.

"Prediksi BMKG, hujan masih ada sampai bulan April, untuk itu persiapkan diri, satukan langkah, satukan tekat kita masing-masing untuk menindalanjuti prediksi hujan jika terjadi bencana," ungkap Gubenur Sumbar, Irwan Prayitno, saat memimpin apel siaga bencana.

Irwan menegaskan dalam siaga berencana perlu latihan, edukasi, menyosialisasikan kepada masyarakat yang tinggal di tepi sungai dan bukit, untuk segera merekomendasikan tempat mereka secara permanen.

Karena itu sangat penting karena bencana terus berulang yang membuat Sumbar rentang untuk terjadi longsor, banjir bandang, dan yang disebabkan oleh hutan yang lebat, gunung  yang banyak  serta daerah yang berada di patahan lempeng sehingga gempa sering terjadi.

"Latihan dan edukasi terus kita lakukan, sosialisasi kepada masyarakat terus kita lakukan yang mereka yang tinggal di tepi sungai, yang tinggal di tepi bukit karena kita tinggal di daerah yang rentang terjadi bencana," ujar Irwan.

Irwan juga meminta untuk perencanaan merancang mitigasi totalitas, integral, terpadu dari semua pihak untuk semua terlibat, dan dia meminta, yang dilapangan juga ikut turun.

"Izinkan, karena secara peraturan yang ada, gubenur secara otomatis menjadi satgas bencana, kapolda, dandrem, bpbd menjadi wakil komandan," tukasnya. (*)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]