Muzni Zakaria Ditahan KPK, Wabup Abdul Rahman: Kelanjutan Status Kepala Daerah Tergantung Mendagri


Jumat, 31 Januari 2020 - 19:24:15 WIB
Muzni Zakaria Ditahan KPK, Wabup Abdul Rahman: Kelanjutan Status Kepala Daerah Tergantung Mendagri Wabup Solok Selatan Abdul Rahman

SOLOK SELATAN,. HARIANHALUAN.COM - Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman yang datang sekitar pukul 11.15 WIB di Kantor bupati setempat, langsung dihampiri wartawan. Hal ini dipicu karena ditahannya Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria pada Kamis (30/1) kemarin.

"Kantor sepi dikarenakan ada Bimtek di Padang dan Rapat di DPRD," katanya mengawali pembicaraan.

Ketika ditanya mengenai kelanjutan status Kepala daerah terhadap Abdul Rahman. Wabup berkata jika harus konsultasi dan koordinasi terlebih dahulu. "Kita liat nanti setelah ada kepastian dari pihak Kemendagri," sebutnya.

Ia mengatakan, untuk layanan publik dan roda pemerintahan tetap dilaksanakan seperti biasa sesuai aturan berlaku. "Untuk selanjutnya, Kita akan fokus terhadap pengawasan dan percepatan pembangunan serta terkait pelayanan publik yang telah ditetapkan melalui APBD Solsel 2020," ujarnya.

Ia menyadari, selama ini tugasnya membantu tugas Bupati Solsel. "Para ASN tidak usah larut dengan suasana yang ada. Intinya fokus untuk pengawasan dan percepatan. Karena mungkin masih ada target sesuai visi misi yang agak terlambat," tuturnya.

Kemudian, untuk memberikan dukungan moril imbuhnya pihaknya bakal mengunjungi Muzni Zakaria untuk melihat kondisi Bupati. Juga akan diberikan bantuan hukum. "Sudah pasti itu. Apalagi beliau sudah 10 tahun mengabdi maka sepatutnya di apresiasi. Semoga segera ada jalan keluar dan solusi terbaik sesuai aturan," ujarnya.

Ada kesan baginya terhadap Bupati Muzni Zakaria. "Kendati sudah tua dibanding Saya. Beliau sangat enerjik tiada lelah, semangat dan motovasi sangat luar biasa, selalu berfikir positif," katanya.

Terhadap kabupaten Solsel, imbuhnya ia dan Muzni berkeinginan kabupaten ini cepat berkembang sejahtera dan religius. "Sebagai daerah pemekeran, kami ingin Solsel maju dan sejahtera masyarakatnya," katanya.

Kabag Humas Pemkab Solsel, Firdaus Firman mengatakan pihaknya atas nama pemerintah Solsel turut prihatin. "Semoga kasus ini dapat diselesaikan dengan baik. Kami selaku pemerintah sangat menghormati proses hukum yang sedang berjalan," katanya.

Kemudian, ia meminta semua pihak untuk dapat menghormati proses hukum yang sedang berjalan. "Terkait pelayanan masyarakat, kita pastikan akan berjalan seperti biasa. Mari kita doakan bersama agar proses hukum ini berjalan dengan baik," sebutnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda mendoakan Muzni Zakaria sehat dalam menjalani ini. "Roda pemerintahan harus tetap jalan sepeti biasa. Nanti apa keputusan dari Provinsi ataupun Kemendagri sesuai aturan perundang-undangan. Yang penting, kami mendoakan Beliau sehat," katanya.

Anggota DPRD Sumbar Mario Syahjohan mengaku merasa prihatin. "Kita doakan beliau diberi kesehatan, kekuatan dan keluarga diberikan ketabahan menghadapi persoalan hukum ini, dan kita tetap menjunjung azas praduga tidak bersalah," sebut Mario. (h/jef)

Reporter : Jefli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]