Pemko Sawahlunto Sebar 9 Ribu Bibit Produktif ke Masyarakat


Jumat, 31 Januari 2020 - 19:28:27 WIB
Pemko Sawahlunto Sebar 9 Ribu Bibit Produktif ke Masyarakat Pendistribusian bibit tanaman produktif kepada masyarakat. Humas

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Setidaknya 9 ribu bibit buah buahan diberikan kepada masyarakat dan beberapa instansi oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto. Penyerahan bermacam bibit  buah seperti mangga, jambu, jeruk, lengkeng, manggis, durian dan sirsak ini, ditujukan untuk mendukung program penghijauan sekaligus sebagai upaya menciptakan ketahanan pangan.

"Bantuan bibit tanaman produktif  tersebut merupakan bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Indragiri Rokan yang diajukan oleh Dinas Pertanian Kota Sawahlunto pada 2019 untuk membantu memenuhi permintaan masyarakat," ujar Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto, Heni Purwaningsih.

Menurut Heni, bantuan bibit tersebut telah mulai diserahkan sejak Desember 2019 lalu  kepada petani, kelompok tani dan instansi yang pernah mengajukan permintaan bibit kepada Dinas Pertanian.

Selanjutnya bibit ini juga didistribusikan kepada Desa dan Kelurahan, dengan alokasi 1200 batang untuk Kec Talawi dan Barangin,  serta masing masing 1000 batang untuk Kecamatan Silungkang dan Lembah Segar.
"Selain bantuan bibit buah buahan, kami juga terus mendorong masyarakat dalam meningkatkan perhatian dan intesitas perawatan tanaman kakao. Kita kembali ingin menggiatkan Gerakan Masal (Germas) pemangkasan dan pemupukan kakao empat Kecamatan yang ada," tuturnya.

Selain mendorong Germas, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto, juga memberikan bantuan peralatan pemangkasan kakao dan bantuan pupuk. Setidaknya 50 kelompok tani dibantu masing masing 25 kg pupuk dan 1 set alat pemangkas kakao. Untuk meningkatkan skill dan pengetahuan masyarakat dalam melakukan pemangkasan dan pemupukan kakao, kelompok tani juga difasilitasi , penyuluhan atau sosialisasi dari penyuluh maupun tenaga ahli terkait.
"Harapannya.melalui betbagai upaya dibidang perkebunan bisa membangkitkan kembali komoditas kakao dan yang lainnya sebagai sumber ekonomi," katanya. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]