Pasar Van Der Capellen Ramaikan Malam Minggu di Batusangkar


Jumat, 31 Januari 2020 - 19:51:41 WIB
Pasar Van Der Capellen Ramaikan Malam Minggu di Batusangkar Pasar Van der Capellen

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM -- Setelah satu tahun lebih mengisi Minggu pagi masyarakat kota Batusangkar, Pasar Van Der Capellen sebagai destinasi digital GenPi yang dikemas dengan nuansa saisuak (tempo dulu), kini akan turut meramaikan malam minggu Kota Budaya, Batusangkar.

Pasar Malam Van Der Capellen direncanakan buka pada Hari Sabtu setiap awal bulan pukul 16.00 hingga 22.00 WIB dan launching perdana akan dilaksanakan pada Sabtu, 1 Februari 2020. Sama halnya dengan Pasar Van Der Capellen di Minggu pagi, Pasar Malam ini tetap menyuguhkan konsep suasana tempo dulu dengan sistem transaksi menggunakan koin kayu. 
Namun, terdapat sedikit perbedaan pada makanan yang disediakan, Pasar Malam Van Der Capellen tidak hanya menyediakan kuliner tradisional Minangkabau, tetapi juga kuliner tradisional Nusantara lainnya, seperti Mie Ayam, Bakso, Pempek dan lainnya.

Malam perdana Pasar Malam Van Der Capellen ini akan dimeriahkan oleh Sanggar Kumango Sakato dengan tarian dan silek khas yang mereka miliki. Pasangan pengantin, Yunus Hidayat dan Kharisma yang viral karena aksi mereka bermain musik saat pernikahan pun akan turut memeriahkan Pasar Malam ini. Selain itu, juga ada Batusangkar Animal Community (BAC) dengan reptil dan hewan unik untuk para pecinta hewan.

“Tujuan diadakannya pasar edisi malam ini agar ada kegiatan yang dapat dinikmati wisatawan pada malam hari, menambah pendapatan masyarakat, serta meningkatkan eksistensi Pasar Van Der Capellen”, ujar Efrison, Kabid Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar.

Bersamaan dengan launching perdana Pasar Malam Van Der Capellen ini, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar juga melaksanakan beberapa event, di antaranya: Launching Calender Event Kabupaten Tanah Datar, Pengukuhan Asosiasi Homestay Tanah Datar (ASHTAR), serta Launching Aplikasi Pesona Tanah Datar.

Pembukaan acara tersebut akan dihadiri oleh Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi dan jajaran pemerintahan di Tanah Datar, termasuk Wali Nagari se-Kabupaten Tanah Datar, BUMN dan BUMD serta Asosiasi, Pelaku, dan Penggiat Wisata Sumatera Barat.

Juragan Pasar Van Der Capellen, Ade Firman berharap dengan dibukanya Pasar Malam Van Der Capellen, jumlah wisatawan yang datang pun semakin meningkat dan pasar mampu bertahan sampai kapanpun, agar masyarakat dapat menikmati kesenian daerah berbalut nuansa tradisional dan pendapatan masyarakat juga meningkat.

Ketua Genpi Tanah Datar, Hijrah Adi Sukrial yang juga inisiator Pasar Van Der Capellen mengatakan, keberadaan destinasi digital pada malam Minggu diharapkan menjadi alternatif kunjungan bagi wisatawan. "Kita berharap, Kota Budaya tak sekadar julukan, tapi begitu orang masuk Batusangkar dan hadir di Pasar Van Der Capellen, suasana Kota Budaya benar-benar terasa," jelas Hijrah. (*)

 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 31 Oktober 2016 - 00:37:03 WIB

    Dinas Pasar Usulkan Denda Rp500 Ribu untuk PKL

    Pekanbaru, Haluan — Aksi kucing-kucing yang ditunjukkan pedagang kaki lima Pasar Senapelan (dulu Pasar Kodim) membuat ge­ram Dinas Pasar. Peraturan daerah (perda) baru pun dirancang. Membeli dan men­­jual di daerah terla.
  • Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:18:01 WIB

    Gula di Pasaran Natuna Masih Mahal

    Gula di Pasaran Natuna Masih Mahal NATUNA, HALUAN — Keberadaan gula di Natuna sudah banyak beredar di pasaran, hanya saja pedagang dan kon­sumen masih mengeluh karena harga gulanya masih mahal..
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 03:36:26 WIB

    Pasar Ikan Siantan Akan Jadi 2 Lantai

    ANAMBAS, HALUAN — Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) berencana akan melaksanakan revitalisasi Pasar Ikan Siantan. Pasalnya kondisi satu-satunya pasar ikan yang ada di Kota Tarempa sudah mulai mem­prihatink.
  • Selasa, 21 Juni 2016 - 03:08:52 WIB

    Daging Impor Serbu Pasar Tradisional

    Daging Impor Serbu Pasar Tradisional DUMAI, HALUAN — Pasca naiknya harga di pasaran, daging impor ilegal mulai membanjiri sejumlah pasar tradisional di Kota Dumai. Masyarakat diminta hati-hati dalam mengonsumsinya, ka­rena bahan pangan tersebut diduga tidak s.
  • Rabu, 20 April 2016 - 02:24:34 WIB

    Pedagang Pasar Kaget Tolak Direlokasi

    Pedagang Pasar Kaget Tolak Direlokasi PEKANBARU, HALUAN — Pasca digusur beberapa waktu lalu, Senin (18/4) puluhan pedagang Pasar Kaget Rumbai Bukit mendatangi kantor Walikota dan gedung DPRD Kota Pekanbaru untuk menyampaikan aspirasi terkait rencana Pemko Pekan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]harianhaluan.com