Dukung Nagari Persiapan Gaduik Timur, Warga Hibahkan Tanah untuk Kantor Walinagari


Jumat, 31 Januari 2020 - 21:21:02 WIB
Dukung  Nagari Persiapan Gaduik Timur, Warga Hibahkan Tanah untuk Kantor Walinagari Walinagari Persiapan Gaduik Timur Dyni Herawati Fajriah menerima hibah tanah dari H. Dt. Batuah usai pelantikan dan pengambilan sumpah perangkat nagari di SDN 06 Gaduik, Jumat (31/1). YURSIL.

AGAM,HARIANHALUAN.COM-Walinagari Persiapan Nagari Gaduik Timur Kecamatan Tilatang Kamang melantik dan mengambil sumpah perangkat nagari di SDN 6 Gadut Kec. Tilatang Kamang, Jumat (31/1) siang.

Setelah melewati proses seleksi penerimaan perangkat nagari, akhirnya 5 orang putra putri terbaik nagari persiapan Gaduik Timur dilantik diantaranya, Rifki Ismail sebagai sekretaris walinagari, Adha Eka Yusari sebagai Kasi Pemerintahan, Anisa Gusmaneli sebagai Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan, Riza Elindri sebagai Kaur Keuangan dan Fiki Susanti sebagai Kaur Umum dan Perencanaan.

Terbukanya kran pemekaran Nagari oleh Pemkab. Agam disambut baik oleh warga, bahkan H. Dt. Batuah salah seorang niniak mamak yang juga tokoh masyarakat Nagari Persiapan Gaduik Timur dengan suka rela menghibahkan tanahnya seluas 1.800 meter untuk pembangunan kantor Walinagari dan sekolah Taman Kanak Kanak.

Dalam sambutannya, Camat Tilatang Kamang Ade Herlian memberikan apresiasi atas partisipasi dan dukungan warga untuk mensukseskan program pemekaran nagari yang dicanangkan Pemkab. Agam.

"Alhamdulillah, Inyiak H. Dt. Batuah dengan  suka rela menghibahkan tanahnya untuk pembangunan kantor Walinagari dan sekolah TK. Saya sangat senang melihat warga banyak yang datang menyaksikan  pelantikan ini," katanya.

Ia menjelaskan, ramainya yang hadir di acara pelantikan itu membuktikan harapan warga tertumpang kepada perangkat nagari supaya perangkap nagari itu dapat bekerja dengan baik, agar nagari persiapan dapat terwujud menjadi nagari definitif 

"Pelantikan ini akan motivasi perangkap nagari untuk bekerja lebih baik. Saya berpesan kepada Walinagari agar membuat tim skedul supaya dapat bekerja terukur sesuai target," ungkapnya.

Ia menambahkan, dari 7 Nagari persiapan di Kecamatan Tilatang Kamang, 6 Nagari persiapan telah dilantik perangkat nagarinya, tinggal Nagari Persiapan Koto Malintang yang belum dilantik perangkat nagarinya, rencananya perangkat nagari itu akan dilantik Sabtu (1/2).

Walinagari Persiapan Gaduik Timur, Dyni Herawati Fajriah mengatakan, perangkat nagari yang dilantik itu, nantinya mereka dapat bekerjasama untuk mewujudkan nagari definitif.

"Alhamdulillah, struktur organisasi dan sebagian sarana dan prasarana dapat kita tuntaskan hari ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada Inyiak H. Dt. Batuah atas hibah tanahnya," ungkap Dyni mantan Sekretaris Camat Tilatang Kamang.

Sementara itu, H. Dt. Batuah menyambut baik pemekaran nagari yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, bahkan keluarga besarnya menyatakan siap mendukung pemekaran itu.

"Dalam 3 hari, kami sekeluarga sepakat menghibahkan tanah kami seluas 1.800 m dari total luas tanah yang tercatat disertifikat 3.068 m, untuk pembangunan kantor walinagari dan sekolah TK," kata H. Dt. Batuah.

Kasi Pengadaan Tanah BPN Kab Agam, Razali yang hadir pada kesempatan itu menyatakan, proses pemecahan sertifikat tanah itu memakan waktu satu bulan.

Ketua Tim Pemekaran Nagari Gaduik Timur Gani Purnama dalam sambutannya menyebutkan, selama ini warga saling dukung mendukung mensukseskan pemekaran nagari.

"Untuk operasional tim pemekaran selama ini, berasal dari dana swadaya masyarakat baik yang di kampung maupun yang dirantau," ungkapnya.(h/ril).

Reporter : YURSIL /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]