Wah, Bakal Ada 'Kasbon' untuk Anggota Forum UMKM Sumbar


Jumat, 31 Januari 2020 - 22:14:17 WIB
Wah, Bakal Ada  'Kasbon' untuk Anggota Forum UMKM Sumbar Pengukuhan Forum UMKM Sumbar periode 2020-2023 di Padang. (ANTARA/Miko Elfisha)

PADANG,HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar  Nasrul Abit  mengukuhkan Kepengurusan Forum UMKM periode 2020-2023, Jumat (31/1/2020).


Forum  itu  diharapkan Wagub  agar bisa memberikan efek positif bagi UMKM di daerah itu. "Yang lebih penting sebenarnya dalam segala programnya, forum ini harus menyertakan milenial yang memiliki daya kreasi dan inovasi yang tinggi," ujarnya seperti dilansir   antarasumbar.com.

Sementara itu, Ketua Umum Forum UMKM Sumbar Nevi Zuairina mewacanakan program "kasbon" atau pinjaman jangka pendek untuk penguatan modal pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kita sedang merumuskan formulanya, kemungkinan akan kerjasama juga dengan Bank Nagari," kata Ketua Forum UMKM Sumbar usai dikukuhkan.

Ia mengatakan UMKM adalah penggerak utama perekonomian Sumbar. Ada 593 ribu pengusaha yang didominasi usaha mikro di Sumbar.

Sebagian telah mendapat bantuan permodalan dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero) melalui UlaMM atau Unit Layanan Modal Mikro. Namun sebagian lain belum mendapatkan akses tersebut.

Terdapat usaha yang sudah memiliki pesanan yang jelas, tetapi kekurangan modal untuk produksi. "Ini akan dibantu melalui program kasbon," ujarnya.

Namun, ia belum memastikan kapan program unggulan itu akan diluncurkan. Saat ini yang baru bisa diluncurkan adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan UMKM berjualan secara daring (online) yaitu bajojo.id.

Aplikasi yang dibuat oleh Dinas Koperasi Sumbar bekerjasama dengan Forum UMKM itu diharapkan bisa membuka pasar baru bagi pelaku usaha UMKM. (*)

Kepengurusan Forum UMKM periode 2020-2023 tersebut dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang.

Nasrul berharap forum itu benar-benar bisa memberikan efek positif bagi UMKM di daerah itu.

"Yang lebih penting sebenarnya dalam segala programnya, forum ini harus menyertakan milenial yang memiliki daya kreasi dan inovasi yang tinggi," ujarnya. (*

 Sumber : AntaraSumbar /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 01:36:03 WIB

    Wah, Pemerintah Mulai Obral Insentif Buat Investor Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

    Wah, Pemerintah  Mulai Obral  Insentif Buat Investor Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JAKARTA,HARIAN,HALUAN.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengobral sejumlah insentif untuk investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Fasilitas dan Kem.
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 00:48:27 WIB

    Wah, Bensin Shell Naik Rp 950/Liter

    Wah, Bensin Shell Naik Rp 950/Liter JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Harga bahan bakar minyak (BBM) untuk bensin oktan 90 ke atas kembali alami perubahan. Kali ini dimulai oleh Shell, yang menaikkan harga bensinnya per 24 Januari kemarin. .
  • Kamis, 01 Maret 2018 - 11:32:01 WIB

    Kedai Cisangkuy Bergaya Mewah, Harga Menu Sangat Istimewa

    Kedai Cisangkuy Bergaya Mewah, Harga Menu Sangat Istimewa PADANG, HARIANHALUAN.COM—Selain terkenal sebagai Kota Wisata, Kota Padang juga disebut-sebut oleh pelancong sebagai tempat wisata kuliner dengan berbagai macam makanan khas yang menggoda selera. Misalnya saja, Kedai Cisangk.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]