Heboh soal Pencurian Velg Ban Mobil, Begini Tips dari Polisi


Jumat, 31 Januari 2020 - 23:27:25 WIB
Heboh soal Pencurian Velg Ban Mobil, Begini Tips dari Polisi Ilustrasi

BEKASI, HARIANHALUAN.COM - Beberapa hari lalu warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dihebohkan dengan viralnya video pencurian velg ban mobil. Pelaku telah ditangkap polisi.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengimbau warga untuk lebih waspada saat memarkirkan kendaraannya. Polisi memberikan sejumlah tips bagi pengemudi agar tidak menjadi korban kasus srupa.

"Tipsnya pengamanannya harus ditingkatkan, yang pertama, dia harus parkir di tempat parkir yang mudah terjangkau oleh petugas keamanan atau (di dekat) masyarakat lain, jangan di tempat sepi," ujar Kombes Hendra ketika dihubungi detikcom, Jumat (31/1/2020).

Kemudian, ia mengimbau agar pengemudi memarkirkan kendaraanya pada posisi yang terjangkau oleh kamera CCTV. Hal itu guna, mempermudah bagi masyarakat dan polisi untuk mengidentifikasi pelaku.

Hendra mengatakan perlu adanya peran dari sejumlah pihak untuk mencegah adanya aksi pencurian velg ban. Sekuriti, menurut Hendra, memiliki peran penting dalam meningkatkan pengamanan.

"Untuk petugas keamanan, untuk meningkatkan metodenya, tidak hanya stasioner di pos, tapi juga patroli," kata Hendra.

Selain itu, warga harus peduli terhadap lingkungan sekitar. Terutama saat melihat hal-hal yang mencurigakan.

"Masyarakat harus ini peduli terhadap fenomena-fenomena yang mencurigakan, itu kan sebetulnya kasus itu (pelaku) banyak yang melihat, artinya ada yang melihat, tapi dipikir itu kendaraan sendiri (milik pelaku)," tutur Hendra.

"Masyarakat yang melihat itu permisif, nggak mau menanyakan. 'Sedang apa?' minimal membantu atau menanyakan, sehingga (kewaspadaan terhadap) hal-hal yang mencurigakan itu perlu ditingkatkan," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi pencurian velg mobil viral di media sosial. Pencurian itu diketahui terjadi pada Mei 2019.

Polisi kemudian menangkap pelaku yang bernama Sopyan di kawasan Sukatani, Kabupaten Bekasi. Sopyan kini diperiksa intensif di Polres Metro Bekasi. Tersangka dikenai Pasal 363 KUHP dan terancam hukuman 7 tahun penjara.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 17:24:30 WIB

    Heboh Air Sungai di Israel Seperti Darah, Pertanda Bencana Besar?

    Heboh Air Sungai di Israel Seperti Darah, Pertanda Bencana Besar? HARIANHALUAN.COM – Warga Israel dihebohkan dengan sebuah sungai yang secara tiba-tiba berubah berwarna merah darah. Seorang fotografer yang mengabadikan gambar tersebut menggambarkan aliran air sungai Nahal Alexander tampak.
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 20:57:49 WIB

    Heboh! Warga Koto Tangah Temukan Ular Piton 4 Meter Nangkring di Pohon Pinang

    Heboh! Warga Koto Tangah Temukan Ular Piton 4 Meter Nangkring di Pohon Pinang Warga Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, dihebohkan dengan penemuan seekor ular jenis piton sepanjang 4 meter yang tengah bertengger di atas pohon pinang. .
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 20:59:44 WIB

    Heboh! Seorang Pria Ditemukan Kejang-kejang di Apotik Tarandam

    Heboh! Seorang Pria Ditemukan Kejang-kejang di Apotik Tarandam PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Seorang pria ditemukan kejang-kejang di salah satu apotek daerah Tarandam, Kelurahan Gantiang Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang sekitar pukul 15.00 WIB, Selasa (5/5/2020). .
  • Kamis, 30 April 2020 - 15:29:41 WIB

    Temuan Kerangka Mayat di Jambi Bikin Heboh, Ternyata?

    Temuan Kerangka Mayat di Jambi Bikin Heboh, Ternyata? JAMBI, HARIANHALUAN.COM -- Teka-teki identitas penemuan kerangka mayat pada 20 April lalu di Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Jambi yang sempat menghebohkan warga Pematang Lumur, Kecamatan Betara akhirnya terungkap..
  • Selasa, 14 April 2020 - 10:42:00 WIB

    Heboh! 16 Tahanan Polsek Bekasi Kota Kabur Saat Berjemur

    Heboh! 16 Tahanan Polsek Bekasi Kota Kabur Saat Berjemur BEKASI, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 tahanan dilaporkan melarikan diri dari Rutan Polsek Bekasi Kota pada Minggu (12/4/2020). Mereka melarikan diri saat melakukan kegiatan berjemur guna meningkatkan imunitas tubuh di tengah.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]