Tahun 2024, Kemen PPA Targetkan Perkawinan Anak Turun Jadi 8,74 Persen


Sabtu, 01 Februari 2020 - 07:50:00 WIB
Tahun 2024, Kemen PPA Targetkan Perkawinan Anak Turun Jadi 8,74 Persen Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga. Foto/kompas

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS)  2018 menunjukkan sekitar 11,2% perempuan berusia 20-24 tahun yang telah menikah, melaksanakan pernikahan pada usia anak (di bawah 18 tahun), dan 20 provinsi di Indonesia memiliki angka perkawinan yang lebih tinggi dari angka rata-rata nasional 11,2%, diantaranya Provinsi Sulawesi Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat. 

Untuk mengejar target yang diberikan Presiden agar angka perkawinan anak turun menjadi 8,74% pada akhir tahun 2024, Kemen PPPA merangkul pimpinan daerah untuk memperkuat Gerakan Bersama Pencegahan Perkawinan Anak (GEBER PPA).

"Saya mengharapkan komitmen kementerian/lembaga, pemda yang sudah tandatangani pakta integritas mudah-mudahan dengan gerakan bersama perkawinan anak ini," ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, dikutip dari laman resmi Kemen PPA, Sabtu (1/2/2020).

Sekretaris Dinas PPPA Sulawesi Barat, Marintani Erna mengakui rendahnya tingkat ekonomi, pendidikan, dan pengaruh budaya, khususnya perjodohan menjadi faktor tingginya angka perkawinan anak di wilayahnya.

"Di pelosok daerah kami masih berlaku tradisi perjodohan. Perjodohan itu biasanya dilakukan saat anak masih berusia 12 – 13 tahun. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman orang tua terhadap dampak negatif perkawinan anak dan rendahnya penghasilan keluarga, sehingga mereka ingin melepas tanggung jawab mereka terhadap anak," tutur Marintani. (*)

 Sumber : Kementerian PPA /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 21:23:59 WIB

    Nenek Usia 100 Tahun Beberkan Rahasia Sembuh dari COVID-19

    Nenek Usia 100 Tahun Beberkan Rahasia Sembuh dari COVID-19 HARIANHALUAN.COM - Seorang nenek berusia 100 tahun, Kamtin, sembuh dari COVID-19. Nenek asal Dusun Gendong, perbatasan Surabaya dan Gresik ini dinyatakan sembuh usai dirawat selama satu bulan di rumah sakit..
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 19:44:39 WIB

    Perkosa Wanita Lansia, Pria Muda Divonis Lima Tahun Penjara

    Perkosa Wanita Lansia, Pria Muda Divonis Lima Tahun Penjara HARIANHALUAN.COM - Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon menjatuhkan vonis lima tahun penjara terhadap Abraham Apono (34), terdakwa pemerkosa seorang wanita lanjut usia (lansia) di Desa Porto, Kecamatan Saparua, Kabupaten Mal.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 08:34:07 WIB

    Rizal Ramli Usul ke Jokowi Agar Sekolah Dibuka Awal Tahun Depan

    Rizal Ramli Usul ke Jokowi Agar Sekolah Dibuka Awal Tahun Depan HARIANHALUAN.COM - Mantan Menko bidang Perekonomian Rizal Ramli mengusulkan kepada pemerintah agar kegiatan belajar-mengajar tetap dilakukan di rumah hingga awal tahun depan..
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 21:39:10 WIB

    Sabar Ya! Gaji ke-13 PNS Cair Akhir Tahun

    Sabar Ya! Gaji ke-13 PNS Cair Akhir Tahun HARIANHALUAN.COM -- Gaji ke-13 yang ditujukan untuk membantu pegawai negeri sipil (PNS) menyambut tahun ajaran baru sekolah akan diputuskan pada Oktober mendatang. Kemudian, pencairan atau realiasasinya kemungkinan pada Novem.
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 21:05:31 WIB

    Mohon Maaf! Kemungkinan Jamaah Haji Berangkat Tahun Ini Tipis

    Mohon Maaf! Kemungkinan Jamaah Haji Berangkat Tahun Ini Tipis HARIANHALUAN.COM -- Meski Arab Saudi telah mengumumkan pelonggaran lockdown, namun tidak dengan di kota suci Makkah. Itu artinya, kecil kemungkinan jamaah haji bisa berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini. Demikian disamp.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]