Benarkah Minum Air Putih Bisa Cegah Virus Corona? Ini Faktanya...


Sabtu, 01 Februari 2020 - 11:38:42 WIB
Benarkah Minum Air Putih Bisa Cegah Virus Corona? Ini Faktanya... Virus Corona kini menyerang Wuhan China dan bisa menyebar ke Indonesia. Waspada!

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wabah virus corona yang tak kunjung usai membuat banyak orang menjadi panik. Hal ini dibuktikan dengan beredarnya pesan broadcast yang menyebut virus corona dapat dicegah dengan rutin minum air putih dan menjaga tenggorokan agar tidak kering.

Apakah benar dengan menjaga tenggorokan agar tetap lembab dengan minum air putih dengan jumlah tertentu bisa cegah penularan virus corona?

Menanggapi hal tersebut, spesialis paru-paru, dari RS Paru Persahabatan, Dr dr Erlina Burhan, MSc, SpP(K), menyebut penularan virus akan tetap terjadi apabila berkontak langsung dengan pasien atau daerah yang terinfeksi.

"Yang berpengaruh adalah imunitas. Orang tua misalnya atau yang punya sakit kronik. Sakit kronik tuh artinya sakitnya sudah lama dan imunitasnya menurun dan itu akan mudah terinfeksi, itu prinsip dasarnya," kata dr Erlina, pada Kamis (30/1/2020).

Meski minum air putih itu penting untuk keseimbangan tubuh, bukan berarti banyak minum jadi terhindar dari penyakit. Semua akan kembali lagi pada daya tahan tubuh seseorang.

"Banyak minum kalau sistem imunnya nggak bagus, ya percuma," pungkasnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 20:48:09 WIB

    Benarkah Obat Virus Corona COVID-19 Tersedia di Dapur?

    Benarkah Obat Virus Corona COVID-19 Tersedia di Dapur? HARIANHALUAN.COM - Klaim tentang obat virus corona COVID-19 tersedia di dapur masing-masing rumah beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Kang'to pada 27 Mei 2020. .
  • Senin, 18 Mei 2020 - 13:02:35 WIB

    Jadi, Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Kentut? Ini Faktanya

    Jadi, Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Kentut? Ini Faktanya HARIANHALUAN.COM -- Seorang dokter di Australia, Andy Tagg, menunjukkan bahwa kentut bisa menularkan virus Corona pada orang lain. Hal ini didapatkannya setelah menganalisis serangkaian tes yang diambil dari pasien awal t.
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 07:01:21 WIB

    Virus Corona Bisa Menempel di Rambut, Benarkah?

    Virus Corona Bisa Menempel di Rambut, Benarkah? Pengetahuan tentang virus corona atau COVID-19 terus berkembang. Para peneliti di seluruh dunia sedang mempelajari virus ini dan bagaimana perilakunya. Meskipun kurang lebih kita sudah mengetahui bagaimana cara penularan da.
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 23:12:51 WIB

    Benarkah? Peneliti Temukan 3 Kombinasi Obat untuk Atasi Covid-19

    Benarkah? Peneliti Temukan 3 Kombinasi Obat untuk Atasi Covid-19 Penelitian di Hong Kong menemukan tiga kombinasi obat antivirus yang mampu menekan jumlah virus corona penyebab Covid-19 dalam tubuh. Studi terhadap 127 pasien Covid-19 di negara itu membagi kelompok menjadi dua yakni kelompo.
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 10:04:57 WIB

    Benarkah Mudah Lelah Tanda Penyakit Jantung?

    Benarkah Mudah Lelah Tanda Penyakit Jantung? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gejala penyakit jantung harus diwaspadai sejak dini. Terlebih penyakit tersebut merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia yang pada akhirnya, bisa menjadi cermin pola hidup masyarakatnya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]