Dikunjungi Kemendes DTT dan Projo Mentawai

Mentawai Siap Lepas Status Daerah Tertinggal


Sabtu, 01 Februari 2020 - 13:02:49 WIB
Mentawai Siap Lepas Status Daerah Tertinggal Kunjungan rombongan Kemendes PDT dan Projo Mentawai.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) mengadakan kunjungan yang didampingi oleh DPC Pro Jokowi (Projo) Kepulauan Mentawai. 

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka pemekaran desa di daerah tersebut. Pertemuan yang dihadiri oleh Wakil Menteri Desa dan PDT Budi Ari Setiadi yang juga Ketua Umum DPP Projo.

Juga dihadiri oleh pihak DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai seperti, Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok, Ketua Komisi 1 Nelsen Sakerebau, anggota Komisi 1 TF. Yohannes Pardede, anggota Komisi 1 H. Rasyidin Syaiful, anggota komisi 1 Hendri Dunan, anggota komisi 1 Stevanus Sabaggalet dan Perwakilan DPC Projo Mentawai Jefri S. Kayai.

"Kementerian Desa dan PDT konsisten akan mendorong melalui koordinasi dengan Dirjen Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri untuk mempercepat pemekaran desa sesuai usulan Pemkab Kepulauan Mentawai dan menyurati kembali Kemendagri sesuai surat bulan September 2019 dengan tembusan Wakil Menteri Desa dan PDT," ujar Budi, Kamis (30/1).

Upaya dari Kemendes PDT diharapkan dapat menurunkan angka desa tertinggal di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dengan tindakan langsung dari pihak Kemendes PDT tentu akan meningkatkan motivasi bagi masyarakat di daerah ini.

Motivasi dari masyarakat merupakan aspek yang paling penting karena untuk majunya suatu desa bisa dinilai dari bagaimana pola pikir masyarakat dan peran aktif yang ditunjukkan.

"Dalam rangka mempercepat Kepulauan Mentawai keluar dari Daerah Tertentu, saya mendorong Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal meningkatkan program antar Kementerian terkait."

"Pemerintah daerah diharapkan meningkatkan sinergisitas antara OPD, agar membantu menurunkan angka desa tertinggal dan sangat tertinggal yang merupakan program Kemendes PDT," paparnya.

Selain itu, dengan adanya Projo Kabupaten Kepulauan Mentawai, tentu sebagai organisasi masyarakat yang bertugas membantu pemerintah dalam menyukseskan program-program Presiden Jokowi. 

Target yang disampaikan oleh Presiden Jokowi terkait dengan penurunan angka desa tertinggal adalah menurun hingga 100 persen dalam lima tahun ke depan.

Rencananya, Wakil Menteri Budi Arie Setiadi bersama dengan Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal akan ke Mentawai, tepatnya ke Desa Bulasat Kecamatan Pagai Selatan. 

Kedatangan dua pejabat penting ini dalam rangka peletakan batu pertama pabrik tepung pisang dan meninjau Desa Wisata di Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan. 

Hal ini tentu akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar daerah tersebut. (*)

 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]