Beli Mesin Pres PS3R, Desa Balai Naras Siap Olah Sampah Jadi Rupiah


Sabtu, 01 Februari 2020 - 13:35:55 WIB
Beli Mesin Pres PS3R, Desa Balai Naras Siap  Olah Sampah Jadi Rupiah TPS3R Desa Balai Naras direncanakan beroperasi pertengahan tahun ini . TRISNALDI

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM- Pemerintahan Desa Balai Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman tahun 2020 ini menganggarkan dari dana desa untuk pembelian mesin pres sebagai penunjang percepatan pemanfaatan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse dan Recycle (TPS3R) yang telah dibangun di desa setempat.
   
Kepala Desa Balai Naras, Ridwan A kepada harianhaluan.com, Sabtu (1/2-2020), untuk pembelian mesin pres itu dianggarkan sebesar Rp100 juta.
   
Sejak sekitar Oktober 2019, gedung TPS3R selesai dibangun, namum hanya gedungnya saja, isinya belum, artinya mesin-mesin yang dibutuhkan sesuai tujuan pembangunan sarana tersebut belum ada. makanya dicoba melalui dana desa dianggarkan dana untuk pembelian satu unit mesin pres.

"Diharapkan pertengahan tahun ini paling lama, TPS3R sudah jalan sebagaimana peruntukan pembangunanya," ungkapnya.
   
Disebutkan pula, bahwa Dinas Perkim LH melalui APBD menganggarkan pembelian mesin pencacah untuk sampah jadi dengan pembelian mesin dari desa akan semakin lengkap keberadaan mesin-mesin yang dibutuhkan terhadap operasional TPS3R.

 Namun dia berharap, sampah yang masuk ke tempat ini hendaknya sudah terpilah-pilah dari hulunya, guna percepatan proses pengolahanya.

"Sampah yang diutamakan tentu dari lingkunan desa ini serta desa-desa tetangga, nanti kalau sudah benar-benar jalan, baru di perluas pengambilan sampahnya," ujarnya.(h/tri).

Reporter : TRISNALDI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]