Siapkah Fasilitas Medis di Natuna untuk Observasi WNI dari Wuhan China?


Sabtu, 01 Februari 2020 - 18:52:38 WIB
Siapkah Fasilitas Medis di Natuna untuk Observasi WNI dari Wuhan China? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Warga negara Indonesia (WNI) yang tertahan di Wuhan, China, akibat wabah virus corona segera dievakuasi ke Indonesia. Setibanya di Tanah Air, mereka akan menjalani observasi di Hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati memastikan penanganan WNI yang dievakuasi dari Wuhan sudah sesuai dengan protokol kesehatan organisasi kesehatan dunia (WHO). Mereka akan menjalani observasi di lokasi yang jauh dari permukiman warga.

"Jadi pokoknya yang sudah dievakuasi itu langsung dilakukan transit observation sesuai dengan protokol kesehatannya WHO, nanti di situ penanganannya saran mendukung, sesuai dengan protokol kesehatan," kata Widyawati saat dihubungi, Sabtu (1/2/2020)

Widyawati mengatakan kondisi WNI tersebut akan terus dipantau oleh petugas. Tim dokter juga disiapkan untuk menangani anak-anak hingga ibu hamil.

"Di sana akan dipantau terus kan ada tim kesehatannya lengkap bahkan sampai ada dokter karena ada yang sedang hamil dan kalau nggak salah ada anak kecil tiga," kata dia.

Selama menjalani observasi, para WNI itu akan dibuat senyaman mungkin. Mereka juga akan mengikuti beragam kegiatan saat berada di sana.

"Sesuai dengan lamanya masa inkubasi 14 hari, di situ dibikin ada kegiatan, ada buku pedomannya, kami keluarkan buku pedoman, intinya adalah satu hari ada isi menu makan mereka, kegiatan mereka, terus apa? intinya adalah observasi itu dibuat senyaman mungkin, kalau stres itu kan biasanya orang jadi sakit, tapi kalau riang dan senang pasti staminanya bagus dan bagus," tutur dia.

Mengenai rencana transit di Batam sebelum ke Natuna, Widyawati mengatakan semua hal telah disiapkan dengan baik. Dia berharap kondisi tetap aman.

"Sudah disiapkan. Semuanya sudah disiapkan, pokoknya gini pemerintah menyediakan saran dan prasarana dan membuat semuanya itu berjalan sesuai dengan aturan protokol WHO. Jadi insyaallah nggak ada apa-apa jadi semua dipersiapkan dengan baik, pak menteri ini sudah turun sendiri udah apa sendiri, jadi aman Insyaallah," ujarnya.

Pernyataan senada juga sebelumnya disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Terawan mengatakan WNI yang dievakuasi dari Wuhan akan menjalani proses transit observation setiba di Tanah Air.

"Nanti akan kami lakukan transit observation sesuai protokol WHO," kata Terawan di Terminal Keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020).(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]