PMI Sumbar Kekurangan 1.000 Kantong Darah Tiap Bulan, Ayo Donor!


Sabtu, 01 Februari 2020 - 23:18:07 WIB
PMI Sumbar Kekurangan 1.000 Kantong Darah Tiap Bulan, Ayo Donor! Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar mengalami kekurangan stok 1.000 kantong darah per bulan. Akibatnya persediaan yang ada saat ini tidak mampu memenuhi kebutuhan tiap bulannya. Salah satu faktor pengaruhnya karena tingkat kesadaran dalam mendonorkan darah masih rendah.

"Ini karena rendahnya kesadaran masyarakat dan kurangnya sosialisasi PMI tentang manfaat donor darah sehingga PMI mengalami kekurangan stok 1000 kantong darah," kata Ketua Palang Merah Indonesia Sumatra Barat (PMI Sumbar) Aristo Munandar, Sabtu (1/2/2020).

Untuk menyiasati itu, kata Aristo, PMI mengoptimalkan peran empat unit transfusi darah yang ada, yaitu Padang, Bukittinggi, Solok dan Pasaman Barat.

"Saat ini untuk  menyiasati kekurangan stok darah yang terjadi, kita mengoptimalkan empat unit tranfusi darah yang ada yaitu Padang, Bukittinggi, Solok dan Pasaman Barat," ujar Aristo.

Kemudian, sebut Aristo, ke depannya PMI akan melakukan pengembangan terhadap unit tranfusi darah yang baru seperti di Kabupaten Padang Pariaman, Lima Puluh Kota, dan Kota Payakumbuh. Sehingga diharapkan hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan stok darah untuk wilayah Sumbar.

Terkait masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk donor darah, Aristo berencana meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat akan manfaat dan pentingnya melakukan donor darah sebagai salah satu organisasi yang berperan penting dalam memberikan bantuan terutama ketika terjadi bencana.

"Di tempat rawan bencana stok darah dipersiapkan lebih banyak sebagai upaya antisipasi," ulas Aristo.

Terakhir, Aristo mengimbau masyarakat dapat mendonorkan darah secara rutin karena selain bermanfaat untuk kesehatan, kegiatan ini juga membantu saudara lain yang membutuhkan darah.

"Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk donor darah, kita akan terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat," tukasnya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]