Kota Padang Rawan Badai, DLH Pangkas Pohon Rapuh


Sabtu, 01 Februari 2020 - 23:38:37 WIB
Kota Padang Rawan Badai, DLH Pangkas Pohon Rapuh Pohom tumbang di satu titik lokasi di Kota Padang. Foto/Humas Kota Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Angin kencang yang kerap terjadi di Kota Padang belakangan ini menimbulkan berbagai bencana alam. Salah satunya yang paling mendominasi adalah pohon tumbang. Menyikapi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang melakukan pemangkasan pohon yang rawan roboh guna antisipasi terjadinya bencana.

"Kita lakukan antisipasi terjadinya pohon tumbang dengan pemangkasan pada pohon yang ada di beberapa titik Kota Padang," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mairizon, kemarin.

Mairizon menyebut, selama bulan Januari 2020 ini berbagi bencana terjadi di Sumbar, termasuk di Kota Padang. Salah satunya adalah pohon tumbang. Bahkan telah banyak kerugian yang ditimbulkan akibat pohon tumbang. Apalagi terdapat beberapa titik lokasi di Kota Padang yang menjadi daerah rawan pohon tumbang.

"Untuk mengurangi dampak dari bencana pohon tumbang, pihaknya berkoordinir dengan pihak terkait lainnya untuk melakukan pemangkasan pohon," ujar Mairizon.

Seperti yang dilakukan di Jalan Ahmad Yani Kota Padang ini. Pohon-pohon ini tidak langsung dilakukan pemangkasan, namun terlebih dahulu dilakukan evalusi terhadap pohon-pohon yang ada. Setelah itu barulah dilakukan penebangan atau pemangkasan.

Jika terjadi bencana pohon tumbang, DLH Kota Padang selalu bekerjasama dengan BPBD. Sedangkan untuk tahun 2020 ini, pihaknya menganggarkan sebanyak 150 tanaman padi buya, 109 pohon mahoni, dan ada sebanyak 150 pohon yang sedang dilakukan pembibitan untuk mengganti pohon yang dulu ditebang oleh masyarakat.

"Masyarakat diharapkan dapat menjaga pohon-pohon yang  telah ada. Dengan cara tidak melakukan pembakaran di bawah pohon agar tidak merusak akar pohon," tukasnya. (*)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]