Soal Karantina WNI di Natuna, Begini Harapan Komisi I DPR pada Masyarakat


Ahad, 02 Februari 2020 - 10:43:53 WIB
Soal Karantina WNI di Natuna, Begini Harapan Komisi I DPR pada Masyarakat Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani meminta agar masyarakat Natuna tetap tenang dan mempercayai pemerintah terkait karantina 243 Warga Negara Indonesia (WNI).

Natuna dijadikan lokasi karantina bagi 243 warga yang dipulangkan dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Hal itu ia katakan usai munculnya aksi penolakan dari masyarakat Natuna yang menolak daerahnya dijadikan lokasi karantina WNI dari Wuhan.

"Kami mengimbau agar masyarakat, terutama yang ada di Natuna agar tetap tenang dan percaya bahwa Pemerintah sanggup melakukan proses transit observasi ini secara profesional," kata Christina dalam keterangan resmi kepada CNNIndonesia.com, Minggu (2/2).

Tak hanya itu, Christina juga meminta sebaiknya pemerintah bisa menyampaikan kepada masyarakat Natuna bahwa semua WNI yang dievakuasi dalam keadaan sehat. Hal itu bertujuan agar masyarakat Natuna bisa tetap tenang dan tak ada kekhawatiran berkelanjutan.

"Juga penting untuk menyampaikan pada masyarakat bahwa yang dievakuasi ini adalah WNI yang semuanya sehat," kata dia.

Selain itu, Christina menyatakan DPR akan tetap memantau berjalannya proses evakuasi dan observasi sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

Ia pun menyataka mendukung dan mengapresiasi langkah-langkah Kementerian Luar Negeri, TNI/Polri, Kementerian Kesehatan, pihak swasta dan kementerian lain terkait yang ikut terlibat aktif dalam seluruh misi kemanusiaan ini.

"DPR RI tentu memberi apresiasi atas langkah evakuasi yang diambil Pemerintah," kata dia.

Menurut Christina, evakuasi WNI ke Indonesia dari Wuhan merupakan harapan dari mereka termasuk keluarga besarnya di Tanah Air. Ia pun berharap proses evakuasi itu dapat berjalan lancar sejak transit, observasi hingga kembali ke keluarganya masing-masing.

Sebelumnya, mahasiswa Indonesia di Wuhan mendesak pemerintah untuk segera mengevakuasi mereka dari kota itu. Tak hanya itu para orang tua mahasiswa yang sedang belajar di Wuhan turut meminta hal serupa kepada pemerintah.

Presiden Jokowi pun telah meminta jajarannya segera mengevakuasi WNI yang berada di Wuhan, China. Pemerintah pun memgambil opsi Natuna sebagai tempat karantina sementara bagi WNI yang tiba di Indonesia dari Wuhan.

Meski demikian, Warga Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) menolak keputusan tersebut. Mereka menggelar aksi penolakan daerahnya dijadikan lokasi karantina bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Kota Wuhan, China. Mereka menduduki Kantor DPRD Natuna, Sabtu (1/2).(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]