Buka Ikan Larangan, Ratusan Warga Serbu Sungai Batang Kuamang


Ahad, 02 Februari 2020 - 15:12:40 WIB
Buka Ikan Larangan, Ratusan Warga Serbu Sungai Batang Kuamang Tampak warga menggunakan berbagai macam alat tangkap ketika menangkap ikan larangan di sungai Batang Kuamang.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Buka ikan larangan, ratusan warga Kuamang, Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman memadati sungai Batang Kuamang, untuk menangkap ikan beramai-ramai, Minggu (2/2/2020) pagi.

Ikan larangan merupakan tradisi lokal yang terus dipelihara keberadannya oleh masyarakat setempat. Ikan larangan ini ditangkap secara beramai ramai oleh warga. Untuk menikmati sensasi menangkap ikan larangan ini biasa panitia lokal mematok tarif masuk.

Sebelum dibuka, ikan yang ada dalam sungai ini dilarang untuk dipancing atau dimakan oleh warga. Konon, bagi yang melanggar larangan itu bisa mengalami sakit aneh yang sulit untuk disembuhkan.

Ketua Panitia, Dodon Riskopio mengatakan, ikan larangan Sungai Batang Kuamang sudah empat tahun lamanya tidak dibuka. Hal itu sengaja dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dan sebagai wadah budi daya ikan di sungai.

"Untuk jenis ikannya beragam yah. Ada Gariang, Lapo dan Kujam. Panjang ikan larangan di sungai ini mencapa 3 Km," ujar guru sekolah dasar ini.

Pihaknya, kata dia, mematok insert masuk untuk para pengguna tiga jenis alat tangkap. Nanti, dana yang terkumpul dari kegiatan buka ikan larangan tersebut akan disumbangkan ke mesjid setempat.

"Untuk pengguna Jala insertnya Rp50 ribu, Jeramak Rp25 ribu. Nanti, dana yang terkumpul kita sumbangkan ke Mesjid Jabal Nur Kuamang. Peserta kali ini mencapai 200 orang lebih," katanya.

Sementara tokoh masyarakat setempat, Khairil Anwar menambahkan, buka ikan larangan mengartikan adanya larangan menangkap ikan oleh warga di sungai tersebut sebelum waktu yang ditentukan.

"Ikan baru bisa di tangkap ketika waktu panen atau saat-saat tertentu. Keberadaan ikan larangan ini menumbuhkan semangat kekeluargaan dan kegotong-royongan, juga menciptakan kekompakan masyarakat," katanya.

Kedepan, kata Anwar, panen ikan larangan di sungai itu akan dilakukan menjelang bulan Ramadhan waktu para perantau pulang kampung. "Kedepan rencana akan dibuka setiap tahun pas perayaan balimau jelang puasa tiba," ungkapnya. (h/yud)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:43:06 WIB

    Objek Wisata di Pessel Mulai Dibuka, Pengunjung Harus Patuhi Protokol Covid19

    Objek Wisata di Pessel Mulai Dibuka, Pengunjung Harus Patuhi Protokol Covid19 HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Daerah (Pemda) Pesisir Selatan, sebelumnya pada 22 April 2020 menutup semua kawasan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), akibat pandemi virus covid-19. Memasuki masa Pembatasan Sosial B.
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 22:49:27 WIB

    Pasar Sioban Rencananya Bakal Dibuka Seperti Biasa Lagi

    Pasar Sioban Rencananya Bakal Dibuka Seperti Biasa Lagi HARIANHALUAN.COM - Pusat perbelanjaan di Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan bakal dibuka kembali seperti biasa saat berlakunya aturan baru yakni New Normal di Kabupaten Kepulauan Mentawai..
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 12:41:56 WIB

    Batal Libur, Samsat Sawahlunto Tetap Buka Jumat-Sabtu

    Batal Libur, Samsat Sawahlunto Tetap Buka Jumat-Sabtu HARIANHALUAN.COM -- Pelayanan pajak kendaraan bermotor pada sistim manunggal satu atap (Samsat) Kota Sawahlunto masih membuka layanan bagi masyarakat Jumat-Sabtu (22-23/5/2020)..
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 13:14:58 WIB

    Sedang PSBB, Objek Wisata di Pesisir Selatan Tak Buka saat Lebaran

    Sedang PSBB, Objek Wisata di Pesisir Selatan Tak Buka saat Lebaran HarianHaluan.com - Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) berlaku hingga 29 Mei 2020 maka dipastikan lebaran nanti kawasan wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan akan tetap tutup..
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 11:07:30 WIB

    Pasar Ibuh Tetap Buka di Tengah Pandemi Corona

    Pasar Ibuh Tetap Buka di Tengah Pandemi Corona PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Penutupan kawasan pusat pasar blok Barat maupun blok Timur dan sekitarnya di Kota Payakumbuh, berjalan lancar. Para pedagang ternyata mematuhi surat edaran walikota, ratusan toko /kios mayorita.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]