Anak Artis Dangdut Selvy Kitty Idap Kondisi Langka Kawasaki, Penyakit Apa Itu?


Ahad, 02 Februari 2020 - 17:32:07 WIB
Anak Artis Dangdut Selvy Kitty Idap Kondisi Langka Kawasaki, Penyakit Apa Itu? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penyanyi dangdut Selvy Kitty bercerita anaknya, Abizar, yang baru berusia 5 bulan dirawat karena penyakit langka Kawasaki. Bermula ketika tubuh sang anak mengalami demam yang tak kunjung reda.

"Awalnya panas di atas 38 derajat celcius sampai 39 derajat, udah coba dua dokter pas yang terakhir ini anak aku udah step, udah 40 sama dokter tapi dibilang rawat aja. Aku tanya kenapa, kata dokternya ini penyakit Kawasaki" jawab Selvy usai mengisi acara Rumpi Trans Tv, kawasan Tendean, Jakarta Selatan.

Penyebab penyakit Kawasaki belum diketahui pasti hanya saja para dokter mengetahui kondisi ini rentan menyerang anak berusia lima tahun ke bawah. Kemungkinan awalnya dipicu oleh infeksi.

dr Sukman T Putra, SpA(K), FACC, dari Eka Hospital BSD mengatakan meski Kawasaki umumnya dapat sembuh tanpa menimbulkan masalah, namun bila tak ditangani dengan baik sekitar 5-20 persen pasien anak bisa alami komplikasi jantung. Hal ini karena penyakit dapat merusak arteri membuat terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Bagaimana membedakan Kawasaki dari penyakit lainnya menurut dr Sukman bisa dengan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) atau ekokardiografi. Tes tersebut akan menunjukkan bagaimana kondisi pembuluh darah koroner si anak.

Menurut data Kidshealth, penyakit Kawasaki terjadi pada 19 dari setiap 100.000 anak-anak di Amerika Serikat. Umumnya penyakit ini menyerang anak-anak keturunan Jepang dan Korea, tetapi juga dapat memengaruhi semua kelompok etnis.

Penyakit ini pertama kali dikenalkan pada 1967 oleh Dr Tomisaku Kawasaki di Jepang. Oleh karena itulah nama penyakit ini disebut Kawasaki.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:48:07 WIB

    Waspada Gejala Baru Covid-19 pada Anak, Mirip MIS-C

    Waspada Gejala Baru Covid-19 pada Anak, Mirip MIS-C HARIANHALUAN.COM - Di awal pandemi COVID-19, anak-anak disebut sebagai kelompok usia yang relatif tidak rentan terinfeksi virus corona. Namun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengemukakan fakta bahwa tingkat penularan vir.
  • Kamis, 07 Mei 2020 - 07:41:58 WIB

    Efek Karantina di Rumah, Ini Tiga Tanda Anak Sulit Mengatasi Emosi

    Efek Karantina di Rumah, Ini Tiga Tanda Anak Sulit Mengatasi Emosi HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Seorang psikolog Karen Gross mengatakan bahwa karantina dapat menyebabkan gejala trauma pada anak-anak. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental anak-anak. Misalnya disregulasi, seperti ledaka.
  • Ahad, 26 April 2020 - 17:45:30 WIB

    Benarkah? Anak-Anak Positif Covid-19 Umumnya akan Sembuh dalam 2 Minggu

    Benarkah? Anak-Anak Positif Covid-19 Umumnya akan Sembuh dalam 2 Minggu HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Menurut sebuah studi pendahuluan yang diterbitkan minggu ini, sebagian besar anak-anak yang terkena virus corona baru atau Covid-19 akan sembuh dalam dua minggu dan hanya menunjukkan gejala ringan .
  • Sabtu, 18 April 2020 - 14:10:35 WIB

    Hati-Hati! Paparan Hand Sanitizer Berbasis Alkohol Buruk untuk Anak

    Hati-Hati! Paparan Hand Sanitizer Berbasis Alkohol Buruk untuk Anak HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Pakar kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan penggunaan hand sanitizer dengan kadar alkohol 60% hingga 90% untuk membunuh virus corona jenis baru dipermukaan tangan. .
  • Senin, 13 April 2020 - 13:36:38 WIB

    Masker untuk Anak-anak: 5 Hal yang Wajib Dipahami Orang Tua

    Masker untuk Anak-anak: 5 Hal yang Wajib Dipahami Orang Tua JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 membuat semua orang wajib mengenakan masker saat berkegiatan di luar rumah atau di ruang publik. Lantas, bagaimana dengan penggunaan masker untuk anak-anak?.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]