Wah, Ternyata Begini Potret Terdekat Permukaan Matahari


Ahad, 02 Februari 2020 - 20:17:34 WIB
Wah, Ternyata Begini Potret Terdekat Permukaan Matahari Teleskop Surya Daniel K. Inouye telah menghasilkan gambar dengan resolusi tertinggi dari permukaan Matahari. Kredit: NSO/AURA/NSF

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Para ilmuwan telah mengambil foto dengan resolusi terbaik dari matahari, dari teleskop surya Daniel K. Inouye 4 meter. Gambar itu, yang menampilkan fitur 18 mil (30 km), adalah gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang bagaimana sebenarnya permukaan matahari.

Gambar-gambar khas matahari sebelumnya ditangkap oleh Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA, dalam orbit geosinkron di atas Bumi. Gambar tersebut menunjukkan kepada kita sejumlah detail, tetapi kehilangan banyak hal - sebagian karena ditembak dari jarak 93 juta mil. Meski, SDO juga berada di orbit, yang kita tahu biasanya memungkinkan kondisi tampilan yang jauh lebih baik daripada teleskop darat.

Apa yang memungkinkan Teleskop Surya Inouye melihat dengan sangat rinci dibandingkan dengan SDO? Optik adaptif, lokasi, dan ukuran tipis. Dengan ukuran empat meter (secara teknis 4,24), Inouye adalah teleskop surya terbesar di Bumi dan lokasinya di Hawaii adalah salah satu lokasi paling terkenal untuk melihat langit yang jernih pada siang hari.

Situasi ini tampaknya analog dengan hubungan antara Hubble dan beberapa teleskop berbasis darat terbesar. Hubble memiliki lensa 2,4 meter, sedangkan Teleskop Eropa Sangat Besar yang saat ini sedang dibangun di Chili akan memiliki lensa 39,3 meter setelah selesai.

Inouye Solar Telescope diharapkan bekerja sama dalam pengamatan dengan NASA Parker Solar Probe yang sudah berada di orbit dan ESA/NASA Solar Orbiter (saat ini sedang bersiap untuk diluncurkan).

Dalam hal ini, teleskop 4 meter itu mampu melihat apa yang tampak sangat rapuh. “Struktur seperti sel ini - masing-masing seukuran Texas - adalah ciri khas gerakan yang mengangkut panas dari bagian dalam matahari ke permukaannya. Material surya panas (plasma) naik di pusat terang "sel," mendingin dan kemudian tenggelam di bawah permukaan dalam jalur gelap dalam proses yang dikenal sebagai konveksi. Di jalur gelap ini kita juga bisa melihat penanda medan magnet yang mungil dan terang. Belum pernah terlihat kejernihan ini, bintik-bintik cerah ini diperkirakan menyalurkan energi ke lapisan luar atmosfer matahari yang disebut corona. Bintik-bintik cerah ini mungkin merupakan inti mengapa korona matahari lebih dari satu juta derajat,” menurut deskripsi NASA/AURA/NSO.

Gambar-gambar ini telah diproses secara ringan untuk menghilangkan noise dan meningkatkan bentuk struktur. Set data lengkap masih menjalani analisis ilmiah.

Melihat struktur skala halus matahari adalah pengingat bahwa itu sebenarnya bukan “hanya” bola gas yang terbakar. Ilmu bagaimana panas bergerak melalui bintang dan struktur skala besar yang kita amati memiliki implikasi untuk teori bintang. Ini bisa memberi tahu kita sesuatu tentang bagaimana matahari kita berevolusi selama umurnya sendiri, dan bahkan mungkin memiliki implikasi bagi upaya kita untuk menciptakan pembangkit listrik fusi berkelanjutan di Bumi.

Pemahaman yang lebih baik tentang dinamika matahari mungkin juga memungkinkan kita untuk memprediksi ejeksi massa koronal di masa depan - dan itu bisa sangat penting, mengingat risiko yang ditimbulkannya. (h/tmp)

 Sumber : Tempo /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 13:23:50 WIB

    Wah, Warga AS Tolak Aturan Stay at Home!

    Wah, Warga AS Tolak Aturan Stay at Home! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ribuan warga Michigan, Amerika Serikat, menggelar demo. Mereka menolak dan menentang anjuran stay at home dari pemerintah setempat. 'Saya jadi tak bisa warnai rambut," keluh warga..
  • Senin, 30 Maret 2020 - 14:13:58 WIB

    Sewa 1 Hotel Mewah, Raja Thailand Isolasi Diri dengan 20 Pelayan Wanita

    Sewa 1 Hotel Mewah, Raja Thailand Isolasi Diri dengan 20 Pelayan Wanita JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Salah satu raja paling kontroversial di dunia telah menunjukkan bagaimana ia mengambil sikap di tengah situasi runyam karena pandemi..
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 09:04:15 WIB

    Wah, Semakin Banyak Warga California Jadi Gelandangan

    Wah, Semakin Banyak Warga California Jadi Gelandangan LOS ANGELES, HARIANHALUAN.COM- Gubernur California, Amerika Serikat, Gavin Newsom melakukan berbagai upaya untuk menekan gelandangan atau tunawisna di wilayahnya..
  • Sabtu, 15 April 2017 - 03:32:43 WIB

    Wah, Kasus KDRT di Agam Tergolong Tinggi

    Wah, Kasus KDRT di Agam Tergolong Tinggi AGAM, HALUAN -- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Agam, mencatat sedikitnya pada tahun 2016 terjadi sebanyak 20 kasus kekerasan dalam rumah tangga.
  • Rabu, 08 Maret 2017 - 10:02:03 WIB

    Wah, Bareskrim Sudah Tetapkan Tersangka SPj Fiktif

    Wah, Bareskrim Sudah Tetapkan Tersangka SPj Fiktif PADANG, HALUAN – Teka-teki siapa yang jadi tersangka kasus dugaan korupsi dengan modus pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPj) fiktif akhirnya terjawab sudah. Dalam berkas yang dikeluarkan Bareskrim Polri, dan diterima Hal.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]