Singgung Corona, HNW PKS ke Menlu: Pekerja China Dipulangkan Tidak?


Ahad, 02 Februari 2020 - 20:59:20 WIB
Singgung Corona, HNW PKS ke Menlu: Pekerja China Dipulangkan Tidak? Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid mempertanyakan kebinakan pemerintah yang menutup akses sementara bagi pendatang dari China yang hendak masuk ke Indonesia.

Hidayat menanyakan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi apakah kebijakan pelarangan bakal diberlakukan kepada para pekerja asal China yang sudah tiba lebih dahulu ke Indonesia sebelum kebijakan itu dibuat.

Pertanyaan tersebut disampaikan Hidayat melalui akun Twitter pribadi miliknya @hnurwahid pada Minggu (2/2/2020) sore.

"MenLuRI;”Turis yang Pernah ke Tiongkok Dilarang Masuk ke Indonesia”. Bagaimana dengan turis dan tenaga kerja Tiongkok yang sudah terlanjur masuk ke Indonesia? Atau meraka malah sudah dijemput oleh pemerintah China, sebagaimana yang terjadi di Thailand dan Malaysia?" tulis Hidayat seperti dikutip Suara.com.

Untuk diketahui, Pemerintah Indonesia melarang seluruh pendatang asal China daratan untuk memasuki Indonesia. Larangan itu diberlakukan seiring merebaknya wabah virus Corona yang berasal dari Kota Wuhan di negeri tirai bambu tersebut.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan pelarangan itu bersifat sementara.

"Semua pendatang yang tiba dari mainland China dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia," ujar Retno usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (2/2/2020).

Selain memberlakukan larangan masuk, pemerintah Indonesia juga mengehentikan sementara bebas visa di negara China.

"Kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di mainland China untuk sementara dihentikan," ujar Retno. (h/sua)
 

 Sumber : suara.com /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]