Kisruh Impor Bawang Putih Mengadang  


Ahad, 02 Februari 2020 - 21:13:33 WIB
Kisruh Impor Bawang Putih Mengadang   Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Impor bawang putih sepanjang 2020 diperkirakan akan lebih sulit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Kementerian Pertanian mengubah aturan main bagi importir.

Ketua Asosiasi Holtikultura Anton Muslim Arbi menyebutkan untuk mendapatkan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) bawang putih pengusaha harus mengacu kepada aturan baru yakni Peraturan Menteri Pertanian Nomor 39/2019. Dalam beleid itu disebutkan pelaku usaha yang melakukan impor produk hortikultura strategis wajib melakukan pengembangan komoditas hortikultura strategis di dalam negeri.  

Menurut Anton beleid itu mensyaratkan perusahaan yang akan impor bawang putih melakukan ekspor bawang merah sebanyak tiga kali. Setelah ekspor bawang merah dilakukan baru bisa mendapatkan RIPH untuk bawang putih. Kebijakan ini berbeda dengan aturan sebelumnya, yakni Permentan 38/2017. Pada aturan ini pengusaha disyaratkan melakukan wajib tanam sebelum mendapatkan RIPH. 

“Nah keruwetan ini akan memicu gonjang ganjing yang berkepanjangan. Kalau ini yang terjadi, maka Kementan akan sulit mengeluarkan RIPH, kalau itu rumit ujung-ujungnya SPI [surat persetujuan impor] dari Kementerian Perdagangan juga sulit,” kata Anton.
Belum lagi, imbuhnya, adanya virus  corona yang per 31 Januari dinyatakan sudah menyerang seluruh wilayah China. Hal ini juga membuat pemerintah harus berhati-hati dalam melakukan impor. Padahal, China merupakan importir utama untuk komoditas bawang putih. China memasok sekitar 580.000 ton bawang putih ke tanah Air pada 2018 dan sekitar 465.000 ton pada 2019.

“Sedangkan kita ketergantungan terhadap bawang putih kan sangat besar kepada China. Nah jadi ini akan mengakibatkan secara otomatis dari sisi rekomendasi RIPH nya sulit, SPI nya juga, nah jadi otomatis stok ini akan jadi masalah dan akan berdampak pada harga," pungkasnya. (h/bis)

 Sumber : bisnis.com /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 07 November 2019 - 19:45:26 WIB

    Yusril Buka-bukaan soal Kisruh Garuda-Sriwijaya

    Yusril Buka-bukaan soal Kisruh Garuda-Sriwijaya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pihak PT Sriwijaya Air akhirnya buka suara mengenai kisruh dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Menurut Sriwijaya, kerja sama yang dibangun selama ini tak menguntungkan Sriwijaya justru menamb.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]