Tukul Ditangkap Polisi Karawang


Senin, 03 Februari 2020 - 14:44:39 WIB
Tukul Ditangkap Polisi Karawang Ilustrasi

KARAWANG, HARIANHALUAN.COM - Satuan Reskrim Polres Karawang menangkap RO alias Tukul di Kota Bekasi. Ia terancam penjara maksimal empat tahun karena terbukti menampung barang curian dari kelompok maling modus pecah kaca.

"Tukul sebagai penadah dijerat dengan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama enam tahun," kata Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Bimantoro Kurniawan kepada wartawan saat jumpa pers di Mapolres Karawang, Senin (3/2/2020).

Selain menangkap Tukul, polisi juga menangkap tiga orang pencuri modus pecah kaca. Mereka adalah IY, MS dan IR trio pencuri modus pecah kaca. Bimantoro menuturkan, Tukul kerap berhubungan dengan mereka.

Menurut Bimantoro, tiga sekawan asal Maluku yang dikenal licin ini, telah beraksi sekira 40 kali di Karawang. "Para pemetik ini kelompok Maluku yang biasa berprofesi sebagai debt collector atau mata elang," ungkap Bimantoro.

Usai mencuri, trio maling ini kerap menjual barang curiannya kepada Tukul. Berbagai barang berharga mulai dari tas mewah, laptop, ponsel pintar, hard disk, modem hingga vape pernah ditadah oleh Tukul.

"Dari tangan pelaku, kami juga menyita belasan tas, dompet, topi dan uang asing," tuturnya.

Bimantoro menuturkan, Tukul sebagai penadah melengkapi kejahatan pencurian yang dilakukan IY, MS dan IR. Ketiganya dengan cepat bisa menukarkan barang curian dengan uang. "Tiga pemetik ini kompak dan sudah lama kenal dengan Tukul si penadah," tutur Bimantoro.

Korban terakhir, menimpa seorang warga yang memarkirkan kendaraan di depam gudang toko ritel, Jalan Lingkar Luar Karawang pekan lalu. Total kerugian saat itu mencapai Rp 26 juta. "Tiga pelaku menggasak uang sebesar 160.000 yen dan laptop di TKP," ungkap Bimantoro.

Adapun para pencuri, dijerat Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman tujuh tahun hukuman bui.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]