Bendungan Rusak, Petani Minta Pemda Turun Tangan


Senin, 03 Februari 2020 - 18:01:22 WIB
Bendungan Rusak, Petani Minta Pemda Turun Tangan  Bahagian bendungan Lubuk Kuning Alahan Tabek Nagari Sikucur Barat yang mengalami kerusakan. foto TRISNALDI

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-  Bendungan Lubuk Kuning Alahan Tabek, Nagari Sikucur Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, rusak.

   Pantauan harianhaluan.com di lokasi, Senin (3/2-2020) kerusakan itu berada pada tangga bendungan.  Tangga itu tampak patah dan amblas, sehingga luncuran air dari Batang Air Lubuk Kuning deras dari ketinggian dua meter lebih kurang. kondisi demikian perlu penanganan dari pihak berkompeten di daerah setempat sebelum rusaknya bertambah parah.

   Adut, warga setempat berharap, kerusakan bendungan dapat diperbaikan dari pihak berkompeten, sebab fungsinya jelas sebagai penupang pengairan untuk pertanian, terutama padi sawah.

   Jika ada lagi hujan deras dalam waktu lama, debit batang air meninggi, tentulah arusnya makin deras, terjunan air pada tangga irigasi yang telah rusak akan semakin hancur.

   Bahagian yang rusak itu tangganya tempat air irigasi itu meluncur, yang lain tak ada masih baik-baik saja.
  Bahagian bendungan yang mengalami kerusakan sangat dikawatirkan masyarakat, karena dapat mencancam pasokan air ke sawah masyarakat yang bertani.

   Sebagaimana dituturkan Epi, warga setempat, dia kawatir dengan kerusakan yang akan bertambah parah dari yang ada sekarang, karena sudah jelas ada kerusakan namun belum teratasi juga oleh pihak berkompeten.

  " Saya adalah petani, kalau pasokan air macet, kan payah juga, bisa-bisa panen tak maksimal atau gagal, jadi besar harapan kepada pihak berkompeten dapat melakukan perbaikan bendungan. Kalau bendungan rusak dan terganggu fungsinya, maka puluhan hektar sawah milik masyarakat terancam tak berfungsi. Bendungan, sudah lama sekali tak dapat perbaikan, jadi kini dengan kerusakan yang ada tentu perawatan fisiknya akan dikerjakan," kata dia.
   

Sementara Wali Nagari Sikucur Barat, Rapi'i yang dihubungi mengatakan sejak lima tahun ini, bendungan belum tersentuh perbaikan dan kininmemang sedang mengalami kerusakan.

  Langkah yang diambil nagari, sedang membuat proposal untuk perbaikan ke PU Kabupaten Padang Pariaman, sehari dua ini selesai dan diantarkan ke kantor tersebut.(h/tri).

Reporter : TRISNALDI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]