Hong Kong Tutup 10 Titik Perbatasan dengan China


Senin, 03 Februari 2020 - 20:01:16 WIB
Hong Kong Tutup 10 Titik Perbatasan dengan China Wanita melewati papan pengumuman yang menerangkan stok masker sudah habis. Mulai Senin (3/2), Hong Kong menutup akses perbatasan dengan China demi menekan penyebaran corona.

HONGKONG, HARIANHALUAN.COM -- Pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengumumkan penangguhan 10 penyeberangan perbatasan dari total 13 dengan daratan Cina, Senin (3/2). Keputusan itu diambil dalam upaya untuk mengekang penyebaran virus corona jenis baru.

Desakan terhadap Lam untuk menutup perbatasan sudah dirasakan sejak beberapa waktu lalu. Namun, baru hari ini dia mengumumkan secara resmi menutup hampir seluruh jalur yang menghubungkan dengan daratan China.

Lam juga sudah menutup beberapa operasi perbatasan, termasuk feri lintas batas dan layanan kereta api berkecepatan tinggi ke jalur daratan. Dia mengatakan, menutup seluruh perbatasan akan tidak pantas dan tidak praktis, ditambah lagi itu sikap diskriminatif.

Sebelum Hong Kong memutuskan menutup beberapa pintu perbatasan, keputusan tersebut telah diambil oleh Korea Utara dan Mongolia. Kedua negara itu memberlakukan penutupan akses secara menyeluruh hingga waktu yang belum ditentukan.

Amerika Serikat, Australia, Singapura, Selandia Baru, dan Vietnam adalah beberapa negara yang telah menolak orang asing yang baru-baru ini berada di China. Maskapai global telah menangguhkan atau mengurangi penerbangan langsung ke kota-kota besar di negara itu.

Saat ini jumlah kematian akibat wabah corona di China menjadi 361 kasus dan yang terinfeksi mencapai 17.205. Kematian pertama di luar China dilaporkan terjadi pada pria Cina berusia 44 tahun di Filipina setelah melakukan perjalanan ke sana dari Wuhan.

Setidaknya 171 kasus lainnya telah dilaporkan di Australia, Inggris, Prancis, Jerman, Hong Kong, Jepang, Rusia, Spanyol, Thailand, Amerika Serikat, dan 14 negara dan wilayah lain di luar daratan China. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah menyatakan wabah itu sebagai darurat kesehatan publik yang menjadi perhatian internasional, dikutip dari Reuters. (h/rep)

 Sumber : republika /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Februari 2020 - 23:41:58 WIB

    Sebar Berita Bohong Virus Corona, Dua Ibu Rumah Tangga Jadi Tersangka

    Sebar Berita Bohong Virus Corona, Dua Ibu Rumah Tangga Jadi Tersangka  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Dua  ibu rumah tangga, KR dan FB ditetapkan sebagai  tersangka kasus penyebaran berita hoaks terkait adanya suspect Virus Korona di RS KD  Balikpapan..
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 20:35:24 WIB

    Hong Kong Tutup Perbatasan dengan China Terkait Virus Corona

    Hong Kong Tutup Perbatasan dengan China Terkait Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam memaparkan pemerintahannya akan menutup beberapa perbatasan dengan China sementara waktu menyusul penyebaran virus corona yang kian memburuk..
  • Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:07:40 WIB

    Crazy Rich Indonesian Buruan Hong Kong? Ini Ungkap KJRI

    Crazy Rich Indonesian Buruan Hong Kong? Ini Ungkap KJRI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -Konsulat Jenderal RI di Hong Kong buka suara soal kasus warga Indonesia Azura Luna Mangunhardjono yang tengah diburu kepolisian Hong Kong karena dugaan penipuan dan pencurian bernilai hingga US$500 .
  • Selasa, 24 September 2019 - 20:37:56 WIB

    Jorong Batu Balang Buncah, Jehong Ditemukan Tewas di Lapangan Bola

    Jorong Batu Balang Buncah, Jehong Ditemukan Tewas di Lapangan Bola SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Warga Jorong Batu Balang buncah. Sesosok jasad pria ditemukan warga di lapangan bola kaki Koto Tuo Jorong Batu Balang Kenagarian Limo Koto  Kecamatan Koto VII, Selasa (24/9) sekitar pukul 08.3.
  • Ahad, 01 September 2019 - 07:13:18 WIB

    Demo Rusuh! Pagi ini Hong Kong Membara

    Demo Rusuh! Pagi ini Hong Kong Membara HONG KONG, HARIAN HALIUAN.COM-Api berkobar di beberapa lokasi di  Hong Kong sejak Sabtu hingga pagi ini. Kondisi semakin rusuh saat  para demonstran yang hendak membakar benda-benda dan melempar bom molotov  bentrok dengan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]