Heboh Sapi Masuk Sumur, dari Tim  SAR Hingga Damkar Terlibat Evakuasi


Senin, 03 Februari 2020 - 22:51:02 WIB
Heboh Sapi Masuk Sumur, dari Tim  SAR Hingga Damkar Terlibat Evakuasi Evakuasi sapi yang nyemplung sumur (Foto: Ghazali Dasuqi-Detik.com)

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Seekor sapi terjebak dalam sumur berkedalaman 2 meter. Proses evakuasi  Meliatkan banyak pihak,  itu pun berlangsung  hinga setengah hari.

Proses evakuasi sapi milik Asiyaton (57), warga Desa Curahkalak Kecamatan Jangkar, ini cukup menegangkan, bahkan satu unit alat berat berupa ekskavator dan peralatan katrol,  juga ikut dikerahkan.

Tidak hanya itu, tim SAR gabungan  bersama TNI - Polri, BPBD, Satpol PP, Damkar, hingga agen relawan bencana ikut terlibat mengevakuasi.

Sapi indukan jenis limousin ini baru bisa diangkat dari dalam sumur, setelah tim SAR lebih dulu menggali tanah di sekitar sumur menggunakan ekskavator. Setelah dianggap leluasa, badan sapi diikat menggunakan tali dan ditarik dengan katrol.

"Evakuasi berjalan lamban, karena terkendala lokasi yang sempit. Selain itu, lubang sumur juga sempit. Hanya berukuran sekitar 180 cm. Alhamdulillah berhasil dievakuasi dengan selamat," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, Senin (3/2/2020) malam.

Peristiwa sapi terjatuh ke dalam sumur itu terjadi sekitar pukul 12.30 Wib tadi siang. Tiba-tiba sapi milik Asiyaton itu terlepas dari talinya dan berjalan mundur. Celakanya, tak jauh dari kandang sapi itu terdapat sumur pompa air berkedalaman 2 meter.

Bagian atas sumur itu hanya ditutup dengan kayu dan talang plastik. Praktis, saat sapi menginjak penutup sumur, langsung jebol. Sapi pun terjerembab masuk ke dalam sumur. Tahu begitu, si pemilik segera mengontak warga yang diteruskan ke aparat.

Awalnya, proses evakuasi dilakukan cara manual. Namun tidak berhasil, karena tubuh sapi tertimbun tanah hingga setengah badan.

Karena itu, kemudian didatangkan alat berat ekskavator untuk menggali tanah di sekitar sumur.  "Alhamdulillah, proses evakuasi berhasil dilakukan sekitar pukul 18.00 Wib. Sapi berhasil diselamatkan tanpa cedera," tandas Puriyono. (dtc)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 17:24:30 WIB

    Heboh Air Sungai di Israel Seperti Darah, Pertanda Bencana Besar?

    Heboh Air Sungai di Israel Seperti Darah, Pertanda Bencana Besar? HARIANHALUAN.COM – Warga Israel dihebohkan dengan sebuah sungai yang secara tiba-tiba berubah berwarna merah darah. Seorang fotografer yang mengabadikan gambar tersebut menggambarkan aliran air sungai Nahal Alexander tampak.
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 20:57:49 WIB

    Heboh! Warga Koto Tangah Temukan Ular Piton 4 Meter Nangkring di Pohon Pinang

    Heboh! Warga Koto Tangah Temukan Ular Piton 4 Meter Nangkring di Pohon Pinang Warga Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, dihebohkan dengan penemuan seekor ular jenis piton sepanjang 4 meter yang tengah bertengger di atas pohon pinang. .
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 20:59:44 WIB

    Heboh! Seorang Pria Ditemukan Kejang-kejang di Apotik Tarandam

    Heboh! Seorang Pria Ditemukan Kejang-kejang di Apotik Tarandam PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Seorang pria ditemukan kejang-kejang di salah satu apotek daerah Tarandam, Kelurahan Gantiang Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang sekitar pukul 15.00 WIB, Selasa (5/5/2020). .
  • Kamis, 30 April 2020 - 15:29:41 WIB

    Temuan Kerangka Mayat di Jambi Bikin Heboh, Ternyata?

    Temuan Kerangka Mayat di Jambi Bikin Heboh, Ternyata? JAMBI, HARIANHALUAN.COM -- Teka-teki identitas penemuan kerangka mayat pada 20 April lalu di Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Jambi yang sempat menghebohkan warga Pematang Lumur, Kecamatan Betara akhirnya terungkap..
  • Selasa, 14 April 2020 - 10:42:00 WIB

    Heboh! 16 Tahanan Polsek Bekasi Kota Kabur Saat Berjemur

    Heboh! 16 Tahanan Polsek Bekasi Kota Kabur Saat Berjemur BEKASI, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 tahanan dilaporkan melarikan diri dari Rutan Polsek Bekasi Kota pada Minggu (12/4/2020). Mereka melarikan diri saat melakukan kegiatan berjemur guna meningkatkan imunitas tubuh di tengah.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]