Paru-Paru akan Sembuh Secara Ajaib saat Berhenti Merokok


Selasa, 04 Februari 2020 - 10:07:37 WIB
Paru-Paru akan Sembuh Secara Ajaib saat Berhenti Merokok ilustrasi merokok

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Perokok sejak lama mengetahui bahwa risiko mereka terkena penyakit seperti kanker paru-paru akan turun jika mereka dapat berhenti. Dan berhenti merokok pun dapat mencegah kerusakan baru pada tubuh.

Dilansir dari The Guardian, sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Nature menemukan bahwa manfaatnya mungkin lebih jauh. Dengan menghentikan kebiasaan merokok, sel-sel sehat di paru-paru muncul untuk menggantikan beberapa sel yang rusak akibat tembakau dan rawan kanker.

Penulis senior studi tersebut, Peter Campbell dari Wellcome Sanger Institute yang berbasis di Inggris, mengatakan hasil penelitian memberikan harapan baru bagi perokok yang ingin berhenti.

"Orang-orang yang merokok berat selama 30, 40 tahun atau lebih sering mengatakan kepada saya bahwa sudah terlambat untuk berhenti merokok, karena percaya kerusakan sudah terjadi," katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh lembaga.

"Yang sangat menarik tentang penelitian kami adalah hal itu menunjukkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok," tambahnya.

Beberapa orang dalam penelitian ini telah merokok lebih dari 15.000 bungkus rokok selama hidupnya. "Tetapi dalam beberapa tahun berhenti, banyak sel yang melapisi saluran udara mereka tidak menunjukkan bukti kerusakan akibat tembakau."

Studi ini menemukan sembilan dari setiap 10 sel paru-paru pada perokok saat ini mengalami mutasi, termasuk yang dapat menyebabkan kanker. Tetapi pada mantan perokok, banyak dari sel-sel yang rusak itu telah digantikan oleh sel-sel sehat seperti yang terlihat pada orang yang tidak pernah merokok. 

Hingga 40% dari total sel paru-paru pada mantan perokok adalah sehat, empat kali lebih banyak daripada rekan-rekan mereka yang masih merokok. Campbell mengatakan sel-sel yang rusak tidak mampu memperbaiki diri sendiri. Sebaliknya mereka digantikan oleh sel-sel sehat yang telah lolos dari kerusakan akibat asap rokok. (*)

 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 16:56:54 WIB

    Ingat! Jangan Pernah Pakai Masker saat Olahraga, Bisa Bikin Paru-paru Hancur

    Ingat! Jangan Pernah Pakai Masker saat Olahraga, Bisa Bikin Paru-paru Hancur HARIANHALUAN.COM -- Lonjakan cepat jumlah kasus positif virus corona atau COVID-19 di seluruh dunia membuat kita semakin sadar untuk menjaga kesehatan. Orang-orang di seluruh dunia mengambil tindakan pencegahan yang diperlu.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 07:26:28 WIB

    BCL Bisa Halau Corona agar Tak Menembus Paru-paru

    BCL Bisa Halau Corona agar Tak Menembus Paru-paru JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gabungan peneliti dari perusahaan teknologi biologi PUFF, Nucleus Farma, dan Professor Nidom Foundation (PNF) mengembangkan obat virus corona Covid-19 dengan metode receptor blocker..
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 12:38:49 WIB

    Sembuh dari Corona Covid-19, Paru-paru Pasien akan Alami Kondisi Ini

    Sembuh dari Corona Covid-19, Paru-paru Pasien akan Alami Kondisi Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bahaya virus Corona Covid-19 yang kini tengah menjadi pandemi terkuak. Meski bisa disembuhkan, dokter menyebut dampak kerusakan yang ditimbulkan tidak bisa diperbaiki..
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 11:40:03 WIB

    Kenali Evali, Penyakit Infeksi Paru-Paru Akibat Vape

    Kenali Evali, Penyakit Infeksi Paru-Paru Akibat Vape JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sudah tak bisa dimungkiri lagi, vape menjadi banyak dipilih bagi para perokok khususnya kalangan anak muda. Selain mengikuti tren, mereka beranggapan dengan vape cara merokok menjadi lebih keren ka.
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 22:58:21 WIB

    Heboh Infeksi Paru-paru Menular, Ini Imbauan dari KJRI Hongkong

    Heboh Infeksi Paru-paru Menular, Ini Imbauan dari KJRI Hongkong JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hongkong menyebarkan imbauan terkait kasus penyebaran infeksi paru-paru menular (viral pneumonia). Yang diduga berasal dari Wuhan, Republik Rakyat Ti.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]