World Cancer Day, Dinkes Pasaman Gelar Pemeriksaan Infeksi Visual


Selasa, 04 Februari 2020 - 12:07:53 WIB
World Cancer Day, Dinkes Pasaman  Gelar Pemeriksaan Infeksi Visual Ilustrasi. World Cancer Day (WCD)

 PASAMAN,HARIANHALUAN.COM - Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan melaksanakan kegiatan pemeriksaan Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) secara gratis yang dijadwalkan pada 17 dan 18 Februari 2020 mendatang.

     "Kegiatan ini adalah rangkaian dari peringatan World Cancer Day (WCD) yang diperingati setiap tanggal 4 Februari, berupa pemeriksaan untuk mendiagnosa potensi kanker pada mulut rahim, yang akan dipusatkan di seluruh Puskesmas yang ada," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Arma Putera SKM, di Lubuksikaping, Selasa (04/02)

     Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengendalian kanker di daerah itu, yang memerlukan adanya upaya masif yang dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

     "Kanker merupakan pembunuh nomor satu di dunia, setiap orang tanpa memandang jenis kelamin beresiko menjadi pasien kanker, khusus di Indonesia banyak kasus terjadi penyakit tersebut terdeteksi ketika sudah dalam posisi stadium lanjut sehingga tingkat harapan hidup bagi penderita menjadi rendah," ucapnya.

     Ia menambahkan, berdasarkan Data Globocan menyebutkan terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker. Data tersebut juga menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan, meninggal karena kanker.

     Sementara di Indonesia, lanjutnya, rasio angka kejadian penyakit kanker di Indonesia adalah 136.2 per 100.000 penduduk yang menempatkan negara ini berada pada urutan ke-8 di Asia Tenggara urutan ke-23 di Asia. 

     "Angka kejadian tertinggi di Indonesia untuk laki laki adalah kanker paru yaitu sebesar 19,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 10,9 per 100.000 penduduk, diikuti oleh kanker usus besar, kanker hati, kanker prostat, kanker nasofaring, kanker kelenjar getah bening, leukemia, kanker kandung kemih, kanker tiroid dan kanker otak," ungkapnya. 

     Sedangkan angka kejadian untuk perempuan, tambahnya, yang tertinggi adalah kanker payudara yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk, diikuti oleh kanker leher rahim, kanker ovarium, kanker usus besar, kanker paru, kanker tiroid, kanker rahim, leukemia, kelenjar getah bening dan kanker hati.

     "Sementara berdasarkan data Riskesdas, prevalensi tumor/kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1.4 per 1000 penduduk di tahun 2013 menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018," kata dia.

     Terkait kegiatan lain pada peringatan WCD untuk tahun ini, ia menjelaskan pada tanggal 3 Feberuari 2020 telah dilaksanakan kegiatan upacara serentak di sejumlah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat, yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pasaman. 

     "Khusus untuk komandan upacara di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping, di pimpin langsung Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI ) Cabang Pasaman, Dr Hamdi Sp. A, dan untuk wilayah kecamatan dipimpin oleh kepala Puskesmas masing - masing wilayah tugasnya," jelasnya.

     Terpisah, salah seorang penderita kanker otak stadium lanjut, Nia Sagita (24 Tahun), mengaku baru mengetahui dirinya mengidap penyakit tersebut pada 2018 dengan status sudah stadium lanjut.

     "Pertama mengetahuinya saya sudah divonis hanya memiliki usia selama 6 bulan, namun berkat doa dan tekad saya untuk bertahan hidup, Alhamdulillah saya mampu bertahan hingga saat ini," ucap gadis yang selalu membiasakan diri membagi-bagikan nasi bungkus kepada kelompok anak yatim, setiap hari Jumat.

     Menurutnya, kegiatan tersebut diakui mampu meredam rasa sakit yang dialaminya dan membuat semangat hidupnya bertambah.

     "Saya mengajak kepada setiap orang agar selalu waspada terhadap penyakit kanker, segera periksakan diri dan tetap lah berbuat yang terbaik meskipun kita sudah divonis menderita penyakit kanker," imbaunya. (Rul)

Reporter : RULLY FIRMANSYAH /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]