Sukses di Beijing dan Singapura, "Under The Volcano" Karya Yusril Katil Dipentaskan di Jakarta


Selasa, 04 Februari 2020 - 18:02:25 WIB
Sukses di Beijing dan Singapura, Seniman Yusril Katil menjelaskan pertunjukan yang diberi judul "Under The Volcano", yang akan ditampilkan.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seniman Yusril Katil mengangkat peristiwa bencana alam dalam satu pertunjukan yang diberi judul "Under The Volcano". Pementasan karya putra Minang ini telah mendulang sukses di acara Olimpiade Teater ke-6 di Dayin Theatre, Beijing, Cina tahun 2014 dan di TheatreWorks, Singapura pada 2016 lalu.

Kini karya putra Padangpanjang yang diangkat dari “Syair Lampung Karam”, karya Muhammad Saleh, tahun1883 itu, akan dipentaskan secara utuh di Jakarta, tanggal 4 dan 5 April 2020 mendatang.

"Sebelumnya naik pentas di perhelatan budaya Borobudur Writers & Cultural Festival (BWCF) di Panggung Akshobya Candi Borobudur pada 2018 tidak secara utuh. Untuk pertunjukan di Jakarta tanggal 4 dan 5 April 2020 akan dipentaskan secara penuh," kata Yusril Katil, di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Dijelaskan, bencana alam adalah salah satu fenomena yang tidak pernah berubah. Kepanikan, kehancuran, dan setelah itu selalu diikuti dengan mawas diri dan kewaspadaan. Under the Volcano adalah sebuah pementasan yang merekam reaksi manusia terhadap bencana alam. 

Apa yang membuat istimewa dari pementasan ini? Sederhana, bahwa yang menjadi rujukan adalah salah satu bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia dan di muka bumi ini, ketika Sumatera, terutama Lampung berhadapan dengan Gunung Krakatau pada 1883," jelasnya.

Dalam "Syair Lampung Karam" karya Mohammad Saleh itu menurut dia, secara rinci menulis bagaimana pada saat itu, setiap orang berusaha menyelamatkan diri.

"Yang lebih penting bagaimana reaksi mereka menghadapi bencana itu. Pada hakikatnya ternyata reaksi manusia dari zaman dahulu sampai sekarang sama saja," ujar Yusril.

Menurut dia, apa yang digambarkan Muhammad Saleh dalam "Syair Lampung Karam", masih amat relevan dengan lokasi kampung halamannya yang harus selalu waspada akan bencana alam, karena dikelilingi gunung berapi.

Meski dalam karyanya penuh bernunasa Minangkabau yang dinamis dan melankolis,  tetapi pesan yang disampaikan merupakan sebuah pesan universal bagi semua orang untuk bertahan hidup dari bencana alam.

"Under the Volcano ini bertema universal, pementasan amat dinamis yang berakar dari tradisi silek dan ulu ambek, dan elemen modern video digital," jelas Yusril Katim meyakinkan.

Pertujukan tersebut dikerjasamakan dengan Bumi Purnati Indonesia dan Ciputra Artpreneur dengan harga tiket dibandrol mulai dari Rp250 ribu sampai Rp1 juta.

Sinopsis

Awalnya, sebelum bencana terjadi, digambarkan suasana kehidupan yang harmonis, orang-orang menjalankan kegiatan sehari-hari secara damai. Tiba-tiba gempa datang, diikuti ledakan gunung dan tsunami.

Para penghuni lereng panik dan berusaha menyelamatkan diri. Ketika letusan mereda, bencana lain terjadi, yaitu trauma dan kemiskinan. 

Sedikit demi sedikit masyarakat membangun kembali rumah dan desa dengan bantuan banyak orang. Akhirnya kehidupan kembali normal dan damai.(sam)

Reporter : Syafril Amir /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 11:11:32 WIB

    7 Artis yang Sukses jadi 'Pelakor', Bikin Geregetan!

    7 Artis yang Sukses jadi 'Pelakor', Bikin Geregetan! HIBURAN, HARIANHALUAN.COM  - Sosok pelakor atau perebut ‘laki’ orang jadi momok dalam sebuah rumah tangga. Bahkan, wanita yang dicap pelakor ini kerap berbuat nekat dan tak merasa bersalah hingga melakukan segala cara un.
  • Rabu, 18 Desember 2019 - 21:03:44 WIB

    Pertunjukan Malin Nan Kondang Sukses Tuai Apresiasi

    Pertunjukan Malin Nan Kondang Sukses Tuai Apresiasi PADANG PANJANG,HARIANHALUAN.COM-Pertunjukan karya seni opera berjudul Malin Nan Kondang sukses menuai apresiasi disetiap pertunjukannya. Karya tersebut merupakan suatu hasil penelitian penugasan konsorsium seni Dr. Iswandi ya.
  • Sabtu, 11 Juni 2016 - 01:22:55 WIB

    Mevri Marsel, Sukses Berkat Sahabat

    Mevri Marsel, Sukses Berkat Sahabat BUKITTINGGI, HALUAN — Tercatat sebagai ma­ha­siswa semester akhir di Fa­kultas Bahasa Universitas Negeri Padang (UNP), tidak menjadi penghalang bagi artis minang muda berbakat Mevri Marsel untuk me­wujudkan impiannya s.
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 03:07:30 WIB
    ‘SIDES Indonesia Tour 2016’

    Afgan Sukses Taklukan Bandung

    Afgan Sukses Taklukan Bandung Afgan akhirnya sukses menyelesaikan kota pertama dari rangkaian ‘SIDES Indonesia Tour 2016’. Kota pertama yang sukses ditaklukan adalah Bandung, Jawa Barat pada 14 Mei lalu..
  • Jumat, 15 April 2016 - 02:41:20 WIB
    Yuliandre Darwis Ph.D

    Ingin Sukses Bersaing, Juallah Diri...!

    Ingin Sukses Bersaing, Juallah Diri...! Di berbagai kesempatan perkuliahan, tokoh muda yang dikenal sebagai pakar komunikasi ini, selalu mewanti-wanti mahasiswanya untuk ‘menjual diri’..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]