Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Disdikpora Solsel Lakukan Roadshow Pemetaan


Selasa, 04 Februari 2020 - 18:52:37 WIB
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Disdikpora Solsel Lakukan Roadshow Pemetaan Proses roadshow pemetaan pendidikan di Kecamatan Pauh Duo.

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solsel melakukan roadshow pemetaan pendidikan di tiap sekolah, tingkat TK sederajat hingga tingkat SMP sederajat.  

Kepala Disdikpora Solsel, Novrizon pada Harianhaluan.com, Selasa (4/2,) menyebutkan kegiatan roadshow pemetaan ini sebagai upaya menuju pendidikan berkualitas di Solsel, sesuai dengan 8 Standar Pendidikan Nasional (SNP).

"Roadshow pemetaan dilakukan selama lima hari yang dimulai di wilayah Kecamatan Pauh Duo. Dan terakhir di Kecamatan Sangir Batang Hari," ucap Novrizon pada Haluan.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan instruksi Plt. Bupati Abdul Rahman sehingga dilakukan upaya untuk bisa melihat dan mendengarkan secara langsung kondisi di tiap sekolah, di mana akan disesuaikan dengan delapan SNP. "Delapan kriteria yang wajib terpenuhi dalam upaya menuju pendidikan yang berkualitas," ujarnya.

Ia menyebutkan, cakupan standar itu yakni standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.

"Nah, nantinya tiap kepala sekolah bersama operator di tiap sekolah akan dikumpulkan di kantor unit atau salah satu sekolah di kecamatan. Di situ akan dilakukan sinkronisasi data tiap sekolah. Apakah sesuai dengan kebutuhan atau malah melebihi," sebutnya.

Sehingga, imbuhnya dalam roadshow itu akan terlihat bagaimana kondisi guru, sarana prasarana sekolah dan delapan SNP tersebut. "Tidak ada lagi penumpukan guru di suatu sekolah," terangnya.

Delapan SNP itu, katanya, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang kemudian disempurnakan dengan PP Nomor 32 Tahun 2013. "Selain itu, kami juga mengingatkan kembali instruksi bupati tentang salat berjamaah bagi ASN di masjid atau musala terdekat," lanjutnya.

Untuk memaksimalkan kegiatan roadshow pemetaan pendidikan, imbuhnya, selain dihadiri kepala sekolah dan operator pendidikan, juga dihadiri oleh koordinator wilayah pendidikan kecamatan, pengawas sekolah, pengawas mata pelajaran. (h/jef)

Reporter : Jefli /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]