Kemenkes RI Pastikan Tak Evakuasi WNI Positif Virus Corona di Singapura


Selasa, 04 Februari 2020 - 21:25:05 WIB
Kemenkes RI Pastikan Tak Evakuasi WNI Positif Virus Corona di Singapura Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Enam kasus baru untuk wabah virus corona dilaporkan di Singapura. Empat kasus di antaranya merupakan kasus penularan lokal, yang salah satu pasiennya adalah seorang pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia.

Menanggapi hal ini Sekretaris Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengaku belum mendapat laporan terkait kasus tersebut.

"Belum itu. Saya belum sempat buka informasi karena masih ngurus yang di sini (Natuna)," jelasnya saat dihubungi detikcom Selasa (4/2/2020).

Meski begitu, ia memastikan tak akan mengevakuasi WNI yang dikabarkan positif novel coronavirus tersebut.

"Ya kalau di Singapura sakit, ya kenanya di Singapura lah," jelasnya.

Jangankan yang dikonfirmasi positif. Yang belum dikonfirmasi positif saja 3 orang WNI dari Wuhan kan nggak diizinkan untuk ke Indonesia kan, yang sedang batuk sama panas itu

Menurutnya, langkah ini sudah sesuai dengan aturan yang dibuat oleh WHO.

"Ya nggak boleh, jangankan yang dikonfirmasi positif. Yang belum dikonfirmasi positif saja 3 orang WNI dari Wuhan kan nggak diizinkan untuk ke Indonesia kan, yang sedang batuk sama panas itu," tegasnya.

"Regulasi dunia, protokolnya WHO mengatakan orang sakit itu tidak boleh dikemana-manain, orang sakit itu harus diisolasi, kalau jelas sakit harus diisolasi, nggak boleh dipindahin kemana-mana yang harus dilakukan adalah isolasi,"

"Protokolnya harus diisolasi, mau warga negara mana pun protokolnya harus diisolasi," jelasnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 09:46:22 WIB

    Untuk Pekerja! Ini Panduan Kemenkes soal New Normal di Tengah Pandemi Corona

    Untuk Pekerja! Ini Panduan Kemenkes soal New Normal di Tengah Pandemi Corona HARIANHALUAN.COM - Memakai masker, mencuci tangan, dan berbagai protokol kesehatan lain kini sudah menjadi 'new normal' atau kebiasaan baru di tengah pandemi Corona. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sendiri mengeluarka.
  • Jumat, 17 April 2020 - 12:06:32 WIB

    Kemenkes Minta Dokter Tak Praktik Rutin demi Cegah Penyebaran Corona

    Kemenkes Minta Dokter Tak Praktik Rutin demi Cegah Penyebaran Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Bambang Wibowo mengimbau para dokter dan tenaga kesehatan (nakes) tidak melakukan praktik rutin kecuali dalam keadaan darurat demi mene.
  • Selasa, 07 April 2020 - 17:28:07 WIB

    Pemprov Jambi Terima Bantuan 2.000 APD dari Kemenkes RI

    Pemprov Jambi Terima Bantuan 2.000 APD dari Kemenkes RI JAMBI, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Jambi kembali mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sebanyak 2.000 helai..
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 16:01:04 WIB

    Viral Pasien PDP Corona Dilepas RS, Kemenkes Ungkap Fakta Mengejutkan

    Viral Pasien PDP Corona Dilepas RS, Kemenkes Ungkap Fakta Mengejutkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejak kemarin, beredar video seorang perempuan pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus Corona (COVID-19) yang dilepas oleh rumah sakit begitu saja, tanpa perlu diisolasi. Kementerian Kesehatan .
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 00:13:39 WIB

    Kemenkes Sarankan Liga 1 Tanpa Penonton ke Menpora

    Kemenkes Sarankan Liga 1 Tanpa Penonton ke Menpora NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut telah memberikan saran berupa opsi untuk menggelar Liga 1 2020 tanpa penonton kepada Menpora menyusul wabah virus corona atau Covid-19..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]