Nagari Kinali Juara I Sumbar dalam hal Transparansi Pengelolaan Dana Desa


Selasa, 04 Februari 2020 - 22:51:20 WIB
Nagari Kinali Juara I Sumbar dalam hal Transparansi Pengelolaan Dana Desa Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasbar juara I Sumbar dalam hal Transparansi Pengelolaan Dana Desa.

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berhasil meraih juara I dalam hal transparansi pengelolaan dana desa tahun 2019 yang diwakili oleh Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasbar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN), Edris Dsem kepada wartawan (4/2/2020) di ruang kerjanya mengatakan, Nagari Kinali berhasil meraih juara I se Sumbar setelah dilakukan penilaian oleh tim penilai dari DPMD Provinsi Sumbar, PWI Sumbar dan dari pamong senior, pada hari Rabu, 20 November 2019 lalu.

"Alhamdulillah, setelah melalui tahapan penilaian yang dilakukan oleh tim dari Dinas DPMN Provinsi, Nagari Kinali berhasil meraih juara I dari seluruh nagari yang ada di Sumbar," ujar Edris.

Ditambahkan, adapun kriteria penilaian yang dilakukan meliputi, perencanaan, partisipasi masyarakat, dan informasi nagari tentang pembangunan kepada masyarakat. Pada tahun 2018 lalu, Pasbar dalam hal ini juga telah berhasil memperoleh peringkat dua yang diwakili oleh Nagari Koto Baru. 

"Tahun 2018 lalu Kabupaten Pasbar juga telah berhasil meraih juara II se Sumbar yang pada saat itu diwakili oleh Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, dan alhamdulillah tahun 2019 Pasbar bisa meningkatkan prestasi dengan meraih juara I melalui Nagari Kinali," pungkas Edris.

Diterangkannya, kegiatan transparansi ini sesuai juga dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yakni setiap nagari wajib memenuhi unsur keterbukaan informasi tersebut.

Diterangkan, bahwa berdasarkan data Kementerian Keuangan, Nagari Kinali memiliki alokasi dana desa tertinggi di Indonesia pada 2019, yaitu sebesar Rp4.381.700.000. Sementara untuk jumlah dana desa Kabupaten Pasbar pada 2019, memperoleh Rp47.238.491.000. 

"Dari Rp47.238.491.000, alokasi dana desa tahun 2019, Nagari Kinali mendapat alokasi dana tertinggi sebesar Rp14,4 miliar jika ditambah dengan Alokasi Dana Nagari (ADN)," jelasnya.

Lebih jauh Etris menjelaskan, Nagari Kinali merupakan nagari yang tertib dalam pengelolaan keuangan, hal ini berdasarkan dari hasil pemeriksaan Inspektorat tahun 2018. Nagari Kinali merupakan salah satu nagari yang diberikan penghargaan sebagai nagari terbaik atas tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pengawasan intern pemerintah tahun pengawasan 2005 sampai dengan 2017 dengan predikat tuntas.

Disamping itu, Nagari Kinali juga sudah sangat transparan dalam pengelolaan keuangannya yang ditandai dengan pemasangan baliho dan website yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat umum, untuk mendapatkan informasi tentang penggunaan dan pemanfaatan dana desa. 

"Keterbukaan atau transparansi bukanlah suatu ancaman bagi nagari akan tetapi justru menjadi salah satu pemicu bagi tata kelola pemerintahan nagari yang lebih baik," terang Etris. (h/fadli)

Reporter : Fadli /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]