Wah, Indonesia Tutup Penerbangan, Masih Ada 5000 Wisatawan China di Bali


Rabu, 05 Februari 2020 - 11:53:51 WIB
Wah, Indonesia Tutup Penerbangan, Masih Ada 5000 Wisatawan China di Bali Konsul Jenderal China di Denpasar Mr Gou Haodong. (foto Antara)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah resmi menutup  penerbangan dari dan ke China mulai  Rabu  ini (5/2/2020).  Namun masih ada ribuan warga China berada di Bali.

 Konsulat Jenderal (Konjen) China di Denpasar, Bali menyatakan, 5.000 warga negaranya sedang  berada di Bali.

"Menurut data dari Imigrasi saat ini diperkirakan ada 5.000-an turis Tiongkok di Bali dan akan menurun terus,” kata Konsul Jenderal China Mr. Gou Haodong melalui penerjemahnya di Kantor Konjen China di Denpasar, Selasa (4/2/2020).

Dia melanjutkan, dalam keadaan normal, kunjungan turis China ke Bali mencapai 6.000 orang. Namun sejak merebaknya virus korona, menjadi hanya 1.000 orang saja.

“Saya percaya dengan adanya pembatalan ke arah Tiongkok angka ini akan terus turun," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, keputusan pemerintah Indonesia menutup penerbangan dari dan ke China sudah pasti akan berdampak pada jumlah kunjungan warga China ke Bali. Namun dia percaya, pengaruh ini hanya sementara saja.

Bagi warga China yang masih berada di Bali, Konjen China akan melakukan koordinasi dengan Imigrasi untuk mengambil tindakan yang tepat.

Dia berharap, Imigrasi di Bali atau Indonesia bisa memberikan fasilitas kepada turis China yang masih ada di Bali mendapatkan izin overstay.

Terkait izin overstay itu, Konjen China mengaku telah berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi Bali.

"Setahu kami turis Tiongkok yang datang ke Bali rata-rata menghabiskan tujuh hari di pulau Bali dan ada sebagian tidak mau pulang dan berharap tinggal lebih lama di sini. Jika memang mau overstay lebih dari 30 hari, mereka harus mengikuti peraturan yang ada di sini tentang keimigrasian," katanya. (*)

 Sumber : Inewsid /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]