10 Tahun di DPR RI, Mulyadi Buktikan Kerja Nyata untuk Masyarakat Sumbar


Rabu, 05 Februari 2020 - 13:01:30 WIB
10 Tahun di DPR RI, Mulyadi Buktikan Kerja Nyata untuk Masyarakat Sumbar 10 Tahun di DPR RI, Mulyadi Buktikan Kerja Nyata untuk Masyarakat Sumbar. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Menjadi wakil rakyat tidak hanya sebatas memberi saran atau meminta pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait saja. Tapi harus melalui perjuangan optimal guna meyakinkan pemerintah pusat agar program-program tersebut bisa sampai ke daerah. Hal ini dikatakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI periode 2009-2014, Ir Mulyadi saat bincang-bincang santai dengan wartawan di Hotel Mercure, Padang.

“Jika sudah dipercaya menjadi wakil rakyat, ya harus berjuang habis-habisan meyakinkan pemerintah atau mitranya guna memperebutkan pengaruh positif untuk daerah pemilihannya. Termasuk “bertarung” dengan anggota DPR dari daerah lain guna mendapatkan anggaran pembangunan infrastruktur di Sumbar melalui program pusat. Dan itu yang saya lakukan selama 10 tahun menjadi wakil rakyat di DPR RI,” sebut Ketua Komisi V DPR RI periode 2009-2014, Ir Mulyadi kepada wartawan.

Pekerjaan di DPR itu berat. “Nah, banyak teman-teman di DPR yang cukup kesulitan untuk berjuang secara optimal, karena kadang-kadang pemerintah tidak bersedia, dengan berbagai alasan dia tidak mau menerima usul yang kita sampaikan itu. Di sinilah kita harus mampu meyakinkan pemerintah. Kita harus memiliki argumentasi bahwa apa yang kita usulkan itu bisa diterima oleh mereka (pemerintah, red),” kata anggota DPR RI dari dapil Sumatera Barat II ini lagi.

Dalam memperjuangkan kepentingan pembangunan untuk Sumbar, lanjut Mulyadi, tak jarang usulan yang disampaikan ini terabaikan begitu saja.

“Karena ini semuanya kerja politik, ada strateginya. Ada taktiknya. Kalau kita tidak mempunyai pengalaman yang cukup untuk memperjuangkan atau membuat suatu strategi, sehingga apa yang kita inginkan itu tercapai, kita akan kesulitan juga di Senayan. Di parlemen itu, semua anggota DPR berjuang untuk kepentingan daerahnya. Secara tidak langsung terjadi juga persaingan dengan daerah lain,” ujar Mulyadi lagi.

Dengan segala kemampuan dan strateginya tersebut, selama 10 tahun menjadi anggota DPR, Mulyadi telah membuktikan kerja nyatanya untuk masyarakat, tidak hanya di daerah pemilihannya, bahkan hampir di seluruh Sumbar.

Melalui perjuangannya bersama mitra kerja di DPR, pria kelahiran Bukittinggi, 13 Maret 1963, ini telah memberikan legacy (warisan) yang monumental dalam bidang infrastruktur dan pengembangan ekonomi masyarakat. Seperti pembangunan jembatan layang (fly over) Kelok Sembilan, Fly over Aur Kuning Bukittinggi, Jembatan Buayan Cs Padang Pariaman, Jalan Sicincin-Malalak, Jalan Mangopoh-Simpang Empat, Sekolah Tinggi Pelayaran di Tiram Padang Pariaman, Pantai Kata Kota Pariaman, Pantai Tiku Agam, Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), serta penggantian lampu jalan dengan LED. (h/*)

 Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM