Waspada Saat Malam! Jalur Lintas Sumatera di Sijunjung Rusak Parah


Rabu, 05 Februari 2020 - 13:36:48 WIB
Waspada Saat Malam! Jalur Lintas Sumatera di Sijunjung Rusak Parah Jalan Lintas Sumatera yang rusak dan berlobang serta digenangi air hujan yang membahayakan pengguna jalan yang ada di Cikodok Aie Angek Jorong Kapalo Koto Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan. (Oghie)

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Para pengendara baik roda dua maupun roda empat harus lebih berhati-hati saat melewati Jalur Lintas Sumatera, tepatnya di Cikodok Aie Angek, Jorong Kapalo Koto, Kenagarian Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung. 

Beberapa titik ada jalan rusak dan berlobang yang siap mengintai setiap pengendara ataupun pengguna jalan saat melintasi jalan Lintas tersebut. Seperti yang dialami Fadli (44), warga Kota Padang pada Selasa (4/2) malam yang berkendara dari kabupaten Dharmasraya hendak menuju Kota Padang yang harus mendapatkan luka serius dibagian kepala dan sekujur tubuhnya.

Pria ini terjatuh dari sepeda motornya akibat menghantam jalan yang berlobang dan rusak, beruntung warga sekitar yang mengetahui kejadian tersebut langsung mambantu dan mengevakuasi korban ke Puskesmas Padang Sibusuk untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

"Lobang -lobang di jalan tersebut tidak kelihatan di malam hari pak dan tidak ada tanda ataupun rambu bahwa jalan tersebut rusak,  padahal kecepatan sepeda motor kita hanya 60 Km perjam, motor yang saya kendarai pun mengalami rusak parah," ujar Fadli.

Wali Nagari Padang Sibusuk Aprizaldi didampingi Jorong Kapalo Koto Imran Catio mengatakan bahwa sejumlah titik di ruas Jalan Lintas Sumatera yang melewati Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan perlu mendapat perhatian yang serius. 

Pasalnya, cukup banyak lubang yang menganga dan membahayakan para pengendara. Seperti halnya di jalan Lintas Sumatera di Cikodok Aie Angek, Jorong Kapalo Koto, Kenagaraian Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan hingga perbatasan Kabupaten Sijunjung dengan Kota Sawahlunto.

“Jalan yang rusak serta berlubang cukup besar tersebut sangat membahayakan pengguna jalan yang melintasinya, baik pengendara roda dua maupun roda empat, ditambah kerusakan tersebut bisa cepat melebar dengan masih berlangsungnya musim hujan, serta arus lalu lintas yang cukup ramai. Bahkan, hampir setiap hari pengendara roda dua dan pengendara roda empat harus menjadi korban dari jalan Lintas Sumatera yang rusak dan berlobang tersebut,” ujar Aprizaldi, Rabu (5/2).

Aprizaldi menambahkan, kerusakan yang tersebar di sejumlah titik sepanjang jalan lintas Sumatera yang melewati Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan hingga perbatasan Kabupaten Sijunjung dengan Kota Sawahlunto tersebut perlu mendapatkan perhatian seirus dari pemerintah karena jalan tersebut merupakan Jalan Negara, untuk kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

“Kami beserta warga masyarakat sudah resah dengan kondisi jalan yang rusak dan berlobang tersebut, setiap hari ada saja yang menjadi korbannya dan sebelumnya juga hampir merenggut nyawa seorang pengendara sepeda motor. Yang saya lihat paling banyak di sekitar Cikodok Aie Angek Jorong Kapalo Koto, tapi, untuk tempat lain juga perlu dicek lagi oleh dinas terkait dan kalau bisa segera diperbaiki". "

"Intinya, kita harap pemerintah harus segera memperbaiki jalan tersebut, jangan tunggu masyarakat melakukan aksi dulu baru bertindak” katanya.

Mengetahui hal tersebut, Kapolres Sijunjung AKBP Dirharto akan menindaklanjuti informasi dari masyarakat di Nagari Padang Sibusuk tersebut m dengan cara  akan melakukan peninjauan langsung kondisi jalan yang rusak dan berlobang tersebut sehingga berpotensi mengakibatkan pengguna jalan mengalami kecelakaan ataupun membahyakan bagi pengendara jalan lainnya.

“Kami dari jajaran Satlantas Polres Sijunjung mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan oleh warga masyarakat nagari Padang Sibusuk, Insha Alloh dalam waktu dekat ini kita akan melakukan peninjauan langsung kelapangan sesuai dengan informasi yang diberikan oleh warga masyarakat, sehingga kita bisa mengambil aksi dan antisipasi supaya tidak menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan bagi pengguna jalan akibat jalan yang rusak dan berlobang tersebut,” ujarnya.

Jajaran Satlantas Polres Sijunjung juga menghimbau kepada pengendara yang melintasi jalan-jalan berlobang seperti, lintas Sumatera dari arah Padang Menuju Kabupaten Dharmasraya maupun sebaliknya dan jalan lintas lainnya yang dinilai  dan berpotensi menimbulkan kecelakaan agar pengendara selalu berhati-hati serta menjaga laju kendaraannya. 

"Kita imbau kepada pengguna jalan yang melintas di jalan-jalan tersebut, agar menjaga laju kendaraannya maksimal 60 Km perjam, hindari bepergian di malam hari tanpa mengetahui kondisi jalan yang dilalui dan selalu menjaga jarak iring," himbau Kasatlantas. (*)

Reporter : Oghie /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]