Kelurahan Rimbo Kaluang Susun Rencana Kerja 2021


Rabu, 05 Februari 2020 - 15:26:03 WIB
Kelurahan Rimbo Kaluang Susun Rencana Kerja 2021 SUASANA Rakorbang Kelurahan Rimbo Kaluang dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021, Rabu (5/2). YESI

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kelurahan Rimbo Kaluang menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021, Rabu (5/2).

Lurah Rimbo kaluang Syafardi Z mengatakan Rakorbang tersebut merupakan tindak lanjut dari rembuk warga di masing-masing RW di Rimbo Kaluang.

"Kelurahan Rimbo Kaluang melaksanakan kegiatan Rakorbang yang mana Rakorbang dilaksanakan dari hasil rembuk warga yang dilaksanakan di masing-masing RW," ucap Syafardi.

Lebih lanjut kata Syafardi, usulan-usulan RW yang telah dihimpun di kelurahan tersebut akan direkap untuk selanjutnya diusulkan ke tingkat kecamatan, tingkat Kota untuk dilaksanakan.

Menurut Syafardi untuk 2021, Kelurahan Rimbo Kaluang akan memprioritaskan pengerukan drainase.

"Untuk 2021 rencananya yang menjadi prioritas adalah pengerukan drainase yang sedimennya sudah mulai tinggi. Sedimen yang tinggi tersebut yang seringkali menyebabkan banjir dikelurahan rimbo kaluang. Selain itu juga, prioritas 2021 ini akan dilakukan perbaikan drainase yang sudah mulai rusak akibat gempa," jelasnya.

Di sisi lain, untuk bidang pemberdayaan, Kellurahan Rimbo Kaluang akan mengadakan pelatihan dan sosialisasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Ada sekitar 9 kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang akan dilaksanakan. Khusus untuk generasi muda, Kelurahan Rimbo kaluang telah punya karang taruna yang telah berjalan yang akancdimaksimalkan lagi," ungkap Syafardi.

Senada dengan itu, Camat Padang Barat Eri Sandjaya yang turut hadir pada Rakorbang Kelurahan Rimbo Kaluang menambahkan revitalisasi drainase akan menjadi slaah satu prioritas Kelurahan Rimbo Kaluang.

"Skala prioritas yang akan didahulukan, salah di Kecamatan Padang barat secara umum untuk lokasi-lokasi yang rutin banjir setiap musim hujan. Meskipun banjir bukan disebankan karena drainasenya tersumbat, tapi karena debit airnya semakin banyak kemudian kualitas drainasenya yang belum maksimal. Sehingga diprioritaskan untuk revitalisasi drainase, yang diharapkan jika nanti ada hujan yang volume airnya banyak lagi, tidak menimbulkan banjir atau genangan air," tutur Eri.

Disebutkannya, realisasi skala prioritas yang akan dilaksanakan pada 2021 akan didukung dari beberapa sumber dana.

"Saat ini akan ditentukan skala prioritas yang akan dilaksanakan pada 2021 dengan mengguankan beberapa sumber dana APBD, alokasi umum tambahan 2021 dan dana pokir dari DPRD. Dengan pemenuhan sumber anggaran ini masyarakat akan mudah menentukan skala prioritas sehingga stigma masyarakat bahwa musrembang ini hanya kegiatan formalitas belaka akan dimentahkan dengan sendirinya jika masyarakat mampu menentukan skala prioritas," ungkap Eri.

Eri berharap masyarakat semakin meningkatkan keinginan untuk merencanakan pembangunan sehingga tujuan meningkatkan pengentasan kemiskinan di kelurahan rimbo kaluang dapat terlaksana dengan baik. (h/mg-yes)

Reporter : Yesi /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]