Sejumlah Usulan Pembangunan Mengapung di Musrenbang Batubasa 


Rabu, 05 Februari 2020 - 16:04:24 WIB
Sejumlah Usulan Pembangunan Mengapung di Musrenbang Batubasa  MUSRENBANG Nagari Batubasa Berlangsung, berbagai usulan pembangunan diapungkan saat itu. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Nagari Batubasa Kecamatan Pariangan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di aula kantor wali nagari setempat, Rabu (5/2). Agenda rutinitas tiap awal tahun untuk menjaring pendapat masyarakat membangun nagari itu dihadiri puluhan masyarakat setempat, ketua tim Musrenbang kabupaten, camat, kapolsek, BPRN, anggota DPRD kabupaten dan provinsi serta lembaga unsur nagari.   

Wali Nagari Batubasa, Jalinus saat itu menyebutkan bahwa sebelumnya Musrenbang telah diawali dari jorong dan saat ini berlanjut ditingkat nagari. 

"Berbagai pembangunan fisik dan non fisik telah kita laksanakan pada 2019 lalu, diantaranya pembangunan irigasi baru dan rehab, pengecoran jalan, pengaspalan, rehab sawah, sekolah, kantor wali jorong dan sebagainya, begitu juga peningkatan sumber daya manusia, alhamdulillah berjalan dengan lancar didukung anggaran yang cukup besar," ujarnya.    
Wali nagari Jalinus sedikit menyayangkan dengan besarnya jumlah pemilih di nagarinya yaitu tiga ribu lebih pemilih namun tidak mampu mengantarkan putra nagari ke legislatif tingkat kabupaten. 

"Kedepan ini mesti menjadi acuan kita bersama, kenapa Nagari Simawang bisa mendudukkan tiga orang untuk anggota DPRD kabupaten, itu tentu butuh kerjasama kita di nagari," ujarnya.

DPRD Tanah Datar, Saidani juga berharap agar masyarakat Batubasa bisa mengembangkan potensi daerahnya dan meningkatkan kesejahteraan warga dengan menggali potensi yang ada. "Apa potensi di Batubasa ini, mesti digali dan dikembangkan untuk menjadi pendorong kesejahteraan masyarakat, tidak perlu terlalu banyak potensi itu, bahkan satu potensi yang ada bisa menopang ekonomi ribuan orang," kata politisi PKS putra Pariangan itu.
Ia berpendapat bahwa pemerintah merealisasikan miliaran anggaran langsung kenagari diantaranya untuk menjadikan nagari mandiri, nagari bisa menggali potensi daerah sendiri dan membangun ekonomi masyarakat sesuai potensi masing-masing.          
Hadir perantau Nagari Batubasa yang juga bakal calon kepala daerah, Wahyu Iramana Putra saat Musrenbang tersebut, ia memberikan masukan kepada wali nagari dan lembaga unsur untuk kemajuan Batubasa kedepan, Wahyu juga sempat makan siang bersama dengan tim Musrenbang serta tokoh masyarakat Batubasa saat itu. Wahyu Iramana Putra mantan Wakil Ketua DPRD Kota Padang periode 2014 - 2019 itu merupakan putra dua kecamatan yaitau Pariangan dan Rambatan, Ibunya adalah Batubasa Kecamatan Pariangan dan Ayahnya asal Turawan Rambatan. 

Ketua Tim Musrenbang Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro saat itu menyebutkan, hasil Musrenbang nagari akan kembali dilanjutkan ketingkat yang lebih tinggi di kecamatan kemudian tingkat kabupaten. 

"Pembangunan akan direalisasikan berdasarkan kebutuhan, tidak atas keinginan, ini karena keterbatasan anggaran daerah. Yang dimusyawarahkan ini untuk dilaksanakan pada 2021, di kabupaten juga nanti dilihat lagi skala prioritas, juga akan dibahas dalam rapat tingkat Musrenbang lebih tinggi, dan akan dibahas bersama DPRD, RKPD pada Mei nanti, lalu kesepakatan kebijakan umum anggaran (KUA) - RKA - RAPBD serta penetapan Perda APBD pada Desember," ujar Daryanto yang juga Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan itu. 

Saat itu juga digelar dialog dengan masyarakat yang dipandu Camat Pariangan Abdulrahman Hadi. (h/fma)   

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]