Tenaga PAUD di Dharmasraya Diminta Jadi Tenaga Profesional dan Kompetitif


Rabu, 05 Februari 2020 - 18:02:06 WIB
Tenaga PAUD di Dharmasraya Diminta Jadi Tenaga Profesional dan Kompetitif Kegiatan peningkatan Guru PAUD Dikmas saat berlangsung di Aula Penginapan Al Jannah, Nagari Sungai Dareh. (Badri Alaina)

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, pelatihan dan perlindungan anak didik.

Untuk menjadi tenaga yang profesional, Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Bidang Pendidik dan Kependidikan menyelenggarakan kegiatan peningkatan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) guna mewujudkan guru PAUD dan tutor pendidikan kesetaraan yang smart dalam penampilan, profesional dalam bekerja serta unggul dan kompetitif dalam berlomba.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung pada tanggal 27 hingga 30 Oktober 2019 lalu di Aula penginapan Al Jannah, Nagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, dengan diikuti peserta 41 orang peserta terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK) 16 orang, Kelompok Belajar (KB) 23, dan Pendidikan Kelompok Belajar Masyarakat (PKBM) 2 orang, dengan narasumber didatangkan dari Universitas Negeri Padang (UNP) Ferry Fren dan Dr. Dadam suryana.

Pada kesempatan itu, acara pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Dharmasraya Marius diwakili Kabid PTK Supratman, dan didampingi Kasi Wisma Derita. Dalam sambutannya, Supratman menyebut, upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD agar menjadi guru yang profesional.

“Tenaga pendidik perlu mengikuti diklat agar sesuai ketentuan tenaga pendidik yang diatur dalam Permendikbud RI No.137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,”ungkap Supratman.

Dalam Permen tersebut, jelas Supratman, bahwa tenaga kependidikan anak usia dini merupakan tenaga yang bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan dan atau program PAUD. 

Lalu, kualifikasi akademik guru PAUD memiliki ijazah Diploma IV atau sarjana dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi. Atau memiliki ijazah diploma empat atau sarjana kependidikan lain yang relevan atau psikologi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat pendidikan profesi guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreaditasi.

“Bagi yang belum memiliki kualifikasi akademik sesuai yang diatur, maka tenaga pendidik atau guru PAUD hendaknya mengikuti kegiatan untuk meningkatkan komperensinya, misalnya pelatihan, kursus pendidikan PAUD dan diklat berjenjang,” katanya.

Sementara itu, dalam penyampaian materi, para narasumber  dikemas apik sehingga peserta tidak jenuh dan terlihat seluruh peserta yang hadir serius menyimak materi yang disampaikan nara sumber. (*)

Reporter : Badri Alaina /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]