PKS  Bukittinggi  Siap Tetapkan Satu Nama Kader untuk Pilkada


Rabu, 05 Februari 2020 - 22:57:27 WIB
PKS  Bukittinggi  Siap Tetapkan Satu Nama Kader  untuk Pilkada Nur Hasra, Ketua DPD PKS Bukittinggi

BUKITTINGGI, HARIAN HALUAN.COM-Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  PKS Kota Bukittinggi telah menyiapkan kader terbaiknya dari internal partai  untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bukittinggi 2020. Dari tiga nama yang telah dipersiapkan, bakal dikerucutkan menjadi satu nama.

Ketua DPD PKS Kota Bukittinggi Nur Hasra mengatakan,  dalam waktu dekat  DPD PKS Kota Bukittinggi bakal  mengerucutkan tiga nama  kader dari internal partai yang telah dipersiapkan untuk diusung sebagai  bakal calon Walikota/ Wakil Walikota Bukittinggi pada Pilkada 2020.

Tiga nama yang akan dikerucutkan itu yakni Syaiful Efendi  dan Ibnu Asis, yang merupakan sama sama anggota Fraksi PKS DPRD Kota Bukittinggi, serta Rafdinal yang juga merupakan politisi PKS. 

“Insyaallah dalam minggu ini, tiga nama tersebut akan segera kita kerucutkan menjadi satu nama untuk kita umumkan” kata  Nur Hasra, Rabu (5/5) di kantor DPRD Bukittinggi.

Menurut Nur Hasra yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Kota Bukittinggi ini,  DPD PKS juga  telah mensosialisasikan ketiga nama bakal calon yang direkomendasikan tersebut kepada masayarakat.  Hal ini bertujuan untuk mengetahui popularitas dan elektabilitas dari masing masing bakal calon yang akan diusung. 

“Kita akan melihat hasil survey terhadap elektabilitas dari masing masing bakal calon sebelum dikerucutkan menjadi satu nama,” ujar Nur Hasra.

Ia menjelaskan, DPD PKS Bukittinggi mendapatkan lima kursi di DPRD Bukittinggi pada pemilu legislatif 2019 lalu. Dengan perolehan  5 kursi tersebut, maka PKS berhak mengusung satu pasangan calon kepala daerah tanpa berkoalisi dengan partai lain. 
Namun demikian, untuk memberi kesempatan kepada bakal calon dari eksternal partai (luar partai),  maka PKS menjalin komunikasi dengan semua bakal calon yang ingin maju dalam Pilkada Bukittinggi, termasuk menjalin komonikasi dengan partai koalisi.

"Selain mempersiapkan kader terbaik dari internal partai,  kita sudah bertemu dengan para tokoh yang ingin membangun Bukittinggi,  termasuk menjalin komonikasi dengan partai lain. Jika ada calon terbaik dari eksternal partai  yang akan diusung,  tidak ada salahnya kita pasangkan dengan bakal calon dari internal PKS. Kita ingin bakal calon yang diusung itu memiliki visi dan misi yang sama dengan PKS, yaitu membangun kota Bukittinggi yang lebih baik kedepannya,” ujar Nur Hasra.

Ia juga mengakui, hingga saat ini belum ada satu calon yang resmi diusung PKS, baik itu dari internal partai maupun dari ekternal partai. Sebab,  dalam pentepan bakal calon tentu ada mekanisme yang dilalui, termasuk elektabilitas dan hasil survey dari bakal calon yang bersangkutan. Namun demikian, untuk penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi di PKS sendiri sudah berjalan.

Terkait dengan maraknya bakal calon yang maju  dari jalur independen, Nur Hasra mengungkapkan bahwa DPD PKS tidak khawatir  dengan bakal calon dari Independen tersebut. Sebab, PKS juga memiliki mesin partai yang bisa digerakkan untuk meraih kemenangan. Jadi semuanaya tidak ada masalah. 

"Kita juga punya kekuatan tersendiri. Untuk itu kita tidak merasa khawatir dengan maraknya calon independen,” tukas Nur Hasra. (h/tot)

Reporter : GATOT /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]